Tuesday, December 15, 2015

Lima Ketrampilan Dasar yang Penting untuk Anak

Bagi saya, mengajarakan kemandirian pada anak itu penting banget. Salah satu usaha saya untuk membantu anak-anak mandiri adalah dengan membiasakan mereka mengerjakan berbagai pekerjaan rumah tangga dan kebutuhan mereka sendiri. Ketika ART saya resign , saya tegaskan pada anak-anak untuk belajar mengurus diri sendiri, syukur-syukur bisa membantu saya menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Saya katakan bahwa membekali diri dengan ketrampilan dasar seperti ini kelak pasti akan ada gunanya.

Ketrampilan dasar seperti apa yang saya berikan pada anak-anak? Saya menggolongkannya menjadi lima poin berikut:

Mengurus Diri Sendiri
Mandi, mencuci tangan, dan menggosok gigi sendiri sudah mulai dilakukan oleh anak-anak saya sejak balita. Saya membiasakan mereka menggosok gigi dan buang air kecil sebelum tidur. Awalnya susah, tetapi sekarang mereka sudah terbiasa. Alhamdulillah, sekarang si kembar pun bisa mengenakan pakaian sendiri. Mengambilnya dari lemari pun dilakukan sendiri, kecuali jika pakaiannya sulit mereka jangkau (ada di rak atas).

Membersihkan dan Merapikan
Yang termasuk kategori ini adalah, merapikan tempat tidur, merapikan mainan, menyapu dan mengepel. Tak bosan-bosannya saya mengingatkan mereka untuk melakukan ini dan itu. Supaya saya nggak capet mencereweti mereka, saya buatkan jadwal dengan persetujuan mereka. Awalnya, pekerjaan mereka jauh dari harapan saya. Alhasil, saya harus mengulang kembali mengepel atau merapikan tempat tidur. Lama kelamaan, hasilnya lumayan, lho. Seperti kata pepatah, practise makes perfect. Tinggal kasih sapu dan pel saja. Beres.

Menyapu setelah main adonan tepung. Foto: Dok. Pri
Mencuci
Mencuci piring dan pakaian juga saya ajarkan pada anak-anak. Khusus untuk si Sulung, saya sudah bisa memintanya memasukkan pakaian ke mesin cuci sekaligus mengoperasikannya. Sedangkan adik-adiknya, masih sebagai asisten si Kakak. 

Memasak
Kebetulan saya tidak terlalu suka memasak, jadilah database resep di kepala saya tidak terlalu banyak. tetapi, anak-anak tetap membutuhkan ketrampilan ini. Oleh karenanya, saya mengajarkan anak-anak memasak. Saat ini, si Sulung sudah bisa menggoreng telur, nasi goreng, menanak nasi, dan membantu memotong sayuran. Belum banyak sih yang dipelajari. Tetapi pelan-pelan, saya akan mengajarkannya masakan lain. 

Menyetrika
Mulai beberapa bulan lalu, saya mengajari si Sulung menyetrika. Walaupun belum rapi, lumayanlah buat permulaan. Menyetrika mungkin melelahkan dan membosankan. Namun, jika terpaksa kelak, anak-anak harus bisa.

Butuh kesabaran, ketegasan dan konsistensi untuk mengajarkan anak-anak lima ketrampilan dasar ini. Harapan saya, anak-anak bisa survive dalam kondisi apapun. Jika kelak tak ada ART atau saya yang bisa membantu, mereka sudah terlatih. Apakah teman-teman punya pendapat yang sama? Ketrampilan apa lagi yang bisa kita ajarkan pada anak-anak untuk latihan kemandirian? Yuk, sharing di sini. [Fita Chakra]






11 comments :

  1. nah benar skali, lima ketrampilan dasar ini sangat penting..khususnya masak....jd inget, dulu waktu masih sd klas 1 atau 2 sdah ikut belajar masak, mbuat tempe goreng...ibu memang telaten mengajari sy masak, jdi waktu besar g kaget kalau g ada yg masak...masak sndiri jadinya :D

    ReplyDelete
  2. kalau anak-anak sudah mengurus dirinya sendiri, kita enak ya Mbak..contohnya mampu mengambil makanan sendiri

    ReplyDelete
  3. Wow... insya Allah akan saya terapkan pada Salfa...

    ReplyDelete
  4. Iya bener. setuju. 5 keterampilan dasar ini sebaiknya dimiliki oleh anak-anak.

    ReplyDelete
  5. Aku jg lagi ajarin anak2ku utk bs urus diri sendiri nih mba. Yg agak repot itu nyetrika krn anakku laki2 dan msh kecil pula hihi. Kalo masak nasi sih udh biasa krn cuma perlu cuci bears trus masukin megicom.

    ReplyDelete
  6. Setuju mbak Fit.. :) pastinya berguna nanti, jd lebih mandiri. Btw, sorry cuman mau menanyakan kalimat yang ini : Alhamdulillah, sekarang si kembar pun tidak bisa mengenakan pakaian sendiri. Apakah memang kata 'tidak'diharapkan hadir di kalimat tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya... nggak dikoreksi lagi sih jadinya salah ketik. :D Makasih koreksinya, Dek :)

      Delete
  7. Wih udah pada pinter2 dan mandiri nih trio K. Vivi juga kuajarin begini Fit biar punya ketrampilan dasar sejak dini.

    ReplyDelete
  8. Betul banget. Dulu saya menyertakan kedua anak dalam kegiatan di dapur sekedar mengisi kekosongan. Ternyata itu jadi cikal bakal mereka suka bantu saya masak dan sekarang sudah survive kalau harus siapkan makan sendiri.

    ReplyDelete
  9. Kayaknya aku juga udah harus mulai ngajarin itu semua deh ke anak2. Planning liburan ini mau ngajarin anak2 cuci piring, tapi gagal maing gagal maning. -_____-

    ReplyDelete