Thursday, December 17, 2015

Packing Koper untuk Liburan Bersama Keluarga

Libur tlah tiba … Libur tlah tiba … Hore! Hore! Hore!
Menjelang akhir tahun seperti ini, rasanya ingin bersenandung lagu ini terus. Ya, menjelang akhir tahun, keluarga kami biasanya sudah merencanakan liburan. Kalau di saat-saat lain kadang-kadang saya dan suami atau saya sendiri yang berlibur (we have “our time” and “me time”), khusus akhir tahun maupun saat lebaran, kami pergi full team. Seru? Pastinya. Tapi … sebelum pergi, saya mesti putar otak dulu untuk packing. Masalahnya, dengan tiga orang anak perempuan, bawaan kami susah dikurangi. Apalagi semenjak anak-anak beranjak besar mereka mulai mengenakan hijab. Satu stel saja sudah terdiri dari beberapa potong baju: celana panjang, kaus (plus manset, jika lengan kausnya pendek), jilbab, kaus kaki. Wow, banget ya.


Nah, kebetulan besok kami mau pergi selama seminggu, 3 hari ke Semarang dan 3 hari ke Singapura. Bagaimana caranya supaya bawaan kami lebih ringkas? Beginilah yang saya lakukan: 

  • Siapkan koper yang bisa di-extend lebarnya jika dibutuhkan. Koper seperti ini akan membantu jika saat pulang bawaan jadi beranak hehehe. Saya sendiri, biasanya sudah memperkirakan barang yang akan dibeli saat berlibur. Untungnya, saat pergi bersama anak-anak, biasanya selera belanja saya mendadak hilang. Alhamdulillah, aman dompet dan nggak over baggage. Oya, karena anak-anak sudah bisa membawa koper sendiri, terkadang mereka saya perbolehkan membawa koper sendiri. Sengaja saya beli koper yang warna dan gambarnya mereka sukai.
  • Rencanakan jumlah baju yang akan dibawa. Karena nanti kami berencana pergi seharian maka dalam satu hari cukup dihitung satu stel saja. Contohnya begini: jika akan pergi 4 hari 3 malam, maka baju atasan cukup 4 (plus 1 baju cadangan untuk masing-masing anak), bawahan 2, dan baju tidur 1-2. Jumlah pakaian dalam menyesuaikan. Syukurlah anak-anak sekarang bukan balita lagi, jadi mereka bisa menjaga supaya bajunya tidak kotor. 
  • Belilah plastik kedap udara untuk mengemas baju. Apa gunanya plastik ini? Dengan plastik ini, baju yang setumpuk bisa menjadi lebih ringkas. Hemat tempat kan jadinya? Saya senang sekali saat menemukan plastik ini. Walaupun secara berat tidak berkurang, tetapi tumpukan baju yang menggunung terlihat lebih rapi dan kempes! Bagaimana cara pakainya? Lihat yang di bawah ini ya.
Segini banyaknya ....
Ini plastiknya ....

Masukkan ke dalamnya dengan rapi ....

Tutup zipernya sambil tekan-tekan ...

Taraaa! Ini hasilnya.
  • Bawalah celana dalam sekali pakai sehingga mengurangi barang bawaan saat pulang. Memang tidak ramah lingkungan sih, tetapi dalam keadaan seperti ini, celana dalam seperti ini sangat membantu mengurangi beban koper. 
  • Bawalah deterjen untuk mencuci baju jika diperlukan. Tidak semua baju saya cuci, karena ini akan memakan waktu. Saya hanya mencuci baju yang tipis dan mudah kering. Itupun hanya di awal perjalanan karena jika sampai tidak kering justru akan menambah beban bawaan kita saat membawanya dalam keadaan basah. 
  • Bawalah perlengkapan mandi dalam kemasan kecil. Perkirakan jumlahnya cukup selama perjalanan. 

Nah, itu tadi tips dari saya untuk packing koper menjelang liburan bersama keluarga. Bagaimana dengan Teman-teman? Apakah punya tips khusus untuk meringkas bawaan? Yuk, share di sini. Siapa tahu bisa saya contek kapan-kapan. 




10 comments :

  1. sipp, kebetulan daku jg mau pulkam nih mbak, tengkiu tipsnya

    ReplyDelete
  2. Aku suka bingung kalau bawaanku banyak. Ga kepikiran kalau dimasukkan ke plastik kedap udara bakal membantu banyak biar koper ga terlihat montok alias penuh :) Aku cobain apply ah kalau nanti traveling lagi.

    ReplyDelete
  3. liburan bersama keluarga emang penting ya, yg paling penting bawa koper buat tempat baju biar ntar gak usah beli baju...ahahaha

    ReplyDelete
  4. Hmmm liburan mau ke rumah mbah.cuma beda kecamatan aja sih.hahahaha...boleh dicoba ini tipsnya

    ReplyDelete
  5. kalau sy sih simpel..g bawa banya2k...cukup bisa buat ganti ajah...hehehe

    ReplyDelete
  6. Senang banget bisa libur bareng anak anak ya

    ReplyDelete
  7. Asiiiik mba keisya mau liburaan, iya ya ringkas banget kalau dimasukin ke plastk kedap udara, have fun ya kak keisya and sisters...muahh..

    ReplyDelete
  8. Eih baru tau nih bisa pake plastik kedap udara, asyik ya bisa jadi kempes gitu

    ReplyDelete
  9. rapiii bangeeet mba...aku kalau packing masuk semua jebruuuk ke koper hehehe...davacuumed plastic kita pakai buat packing pindahan rumah biasanya :)

    ReplyDelete