Thursday, December 31, 2015

Jejak Langkah 2015

Beberapa tahun belakangan saya membuat ringkasan peristiwa penting yang saya lalui di akhir tahun. Bukan untuk apa-apa selain untuk evaluasi diri dan mensyukuri yang sudah saya peroleh. Tetapi, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun 2015 sepertinya tidak banyak yang hal bisa saya catat di bidang tulis menulis. Sebagai gantinya, saya lebih banyak mengedit. Saya menyadari betul penyebab kurang produktifnya dalam menulis buku dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Pertama, saya banyak menghabiskan waktu di sekolah ketiga putri saya. Memegang jabatan sebagai Ketua Level membuat saya harus siap mengkoordinir berbagai kegiatan di level bersangkutan (yang dimaksud level di sekolah mereka adalah tingkatan kelas. Masing-masing level terdiri dari 3 kelas) serta aktif dalam kegiatan sekolah. Selain kegiatan sebagai Ketua Level, saya juga mengajar ekskul menulis. Tanggung jawab pengajar bukan hanya mengajar. Setiap ekskul diharapkan punya output. Output ekskul menulis adalah mencetak buku berisi karya peserta ekskul menulis setiap tahun dan menambah wawasan peserta dengan mengajak mereka berkunjung ke penerbit atau tempat lain yang berkaitan dengan buku.

Kedua, saya sedang belajar me-manage waktu, menyeimbangkan keberadaan saya sebagai ibu rumah tangga, mengikuti kata hati saya untuk terus menulis, dan berkontribusi pada kegiatan sosial seperti yang saya lakukan untuk sekolah. Ini tak mudah bagi saya sejak kehilangan "tangan-tangan" yang membantu saya, yaitu ART. Alhamdulillah, saya tetap bisa bersyukur. Sejak kehilangan ART, saya justru merasa lebih dekat dengan anak-anak dan bisa mendidik mereka lebih mandiri dibanding sebelumnya. Walaupun seringkali kelelahan melanda, saya pikir masih wajar. Saya belajar menutup mata pada kondisi rumah yang kadang-kadang tak sesuai yang saya harapkan. As long as we are happy and healthy, it doesn't matter.

Anyway, balik ke topik awal, apa yang saya kerjakan di tahun 2015?

Januari
Hampir dikata tidak ada tulisan dalam bentuk naskah buku yang saya tuliskan di bulan ini. Walau begitu, saya sangat-sangat bersyukur mendapatkan kesempatan indah di awal tahun setelah sekian lama memimpikannya.
Bulan Januari saya habiskan untuk keluarga, terutama bersama suami saya. Awal tahun 2015, kami pergi ke Eropa selama 14 hari. Tujuan utamanya, untuk menengok keluarga adik saya yang sedang bermukim di sana untuk menyelesaikan program doktoral mereka. Sepulang dari perjalanan tersebut, saya habiskan waktu untuk menuliskan pengalaman tersebut di blog.

Februari
Alhamdulillah, buku cerita anak yang saya tulis tahun sebelumnya terbit. Ada tiga judul yaitu:

  • Bullying, Siapa Takut? Buku ini diterbitkan oleh Tiga Serangkai, berisi beberapa cerita tentang bullying beserta tips dan lembar refleksi. 

  • Antologi Fabel Nusantara Bertutur. Buku ini berisi cerita-cerita fabel dari beberapa penulis. Cerita saya yang ada di buku ini berjudul, "Ketika Kuku Tak Berkokok."







  • Fantasteen Urban
    Buku antologi yang saya tulis bersama sahabat-sahabat saya Mbak Wylvera dan Mbak Erna yaitu. Diterbitkan oleh DAR! Mizan. Isinya berisi cerita-cerita horor di sekolah.














Maret
Saya mengikuti Selfie Story Contest yang diadakan oleh Mak Winda Krisnadefa. Walaupun tidak menang, tetapi ada kabar gembira dari kontes ini. Tulisan saya terpilih dibukukan bersama tulisan para peserta lainnya.

April
Hasil menulis saya yang diterbitkan yaitu:
  • Kartini Bagi LiliKarya ini merupakan cerpen anak, dimuat di Kompas, 19 April 2015.
  • Princess RamlahDiterbitkan oleh Penerbit Buah Hati. Buku ini adalah pictorial book hasil kerjasama dengan ilustrator Cherly Mae.

Selain menulis, saya menutup tugas saya semester ini sebagai guru dengan membawa anak-anak didik saya ke Noura Books untuk berkenalan dengan staf redaksi dan mempelajari berbagai pekerjaan yang dilakukan redaksi.

Mei
Dua buku KKPK editan saya terbit, judulnya yaitu, Come On, Miley! serta Aini dan Hijaiyah World.

Juni
Saya fokus pada persiapan beberapa kelas menulis untuk bulan ramadhan. Bulan ini saya berjanji banyak menghabiskan waktu untuk keluarga. Kalaupun ada kegitan, hanya kegiatan mengajar.

Juli
Alhamdulillah, sempat mengisi beberapa sharing session pada bulan ramadhan.

  • Pelatihan Menulis Komik yang diadakan ibu-ibu di perumahan tempat saya tinggal.
  • Pelatihan Menulis Cerita di Sekolah Ramadhan yang diadakan oleh ibu-ibu di perumahan Griya Rahmani Depok.
  • Ramadhan Writing Course Sahabat Kata yang saya adakan bersama sahabat-sahabat saya, Nanet dan Rita.

Agustus
Saya mengikuti GA Blessful August yang diadakan Mbak Indah. Alhamdulillah nyantol jadi salah satu pemenang.
Di bulan ini buku KKPK editan saya yang berjudul A Story of Dreamers dan The Hidden Secret terbit.

September
Bulan ini saya beberapa kali menghadiri event blogger. Alhamdulillah, mendapat rezeki berupa ponsel Samsung Galaxy J5 dari blogger gathering Samsung. 
Pada bulan ini saya dan keluarga pergi berlibur bersama kedua orangtua saya di Legok Kondang, Ciwidey.

Oktober
Bulan ini saya mengupgrade ilmu menulis dengan mengikuti Workshop Menulis Alberthine Endah.
Buku saya yang terbit bulan ini berjudul Princess Salamah, pictorial book hasil kerjasama dengan ilustrator Cherly Mae.




Sedangkan buku KKPK editan saya yang terbit bulan ini adalah Geng Penyelamat Alam dan My Writing World. Di bidang tulis menulis, Allah ternyata baik sekali pada saya. Buku saya yang berjudul Diary Ramadhan ikut terbang ke Frankfurt Book Fair 2015. Saya tak menyangka sama sekali. Padahal buku itu sudah lama sekali terbitnya. Saya berharap semoga kelak saya bisa ikut berangkat ke pameran tersebut.

Peristiwa penting yang terjadi bulan Oktober yaitu Keisya mengikuti KPCI untuk ketiga kalinya. Alhamdulillah, pada KPCI kali ini Keisya mendapat Juara Harapan 1 dalam kategori Cerpen Penulis.

November
Saya mengkoordinir dua kegiatan di sekolah yaitu fieldtrip dan smartcamp. Kegiatan ini cukup menguras perhatian, pikiran serta tenaga saya.
Kegiatan ekskul yang menyenangkan di bulan ini yaitu kunjungan ke penerbit. Senangnya melihat murid-murid bahagia.
Di bulan ini, sepulang KPCI, Keisya pergi mengikuti Konferensi Anak yang diadakan Bobo.
Buku KKPK editan saya yang terbit bulan ini berjudul Lapangan ABCD dan Motif Unik.



Yang menjadi kejutan di bulan ini, tak disangka karya saya yang berjudul Ketika Pasu Mencari Ibu menjadi Karya Terbaik Kategori Sanitasi dalam Lomba Menulis Dongeng Anak KSAN 2015.

Desember
Buku KKPK editan saya yang terbit bulan ini yaitu Fun Cican: Musim Hujan yang Hangat. Selain buku ini, buku Seri Darbi Menulis 3 berjudul My Favorite Stories terbit. Oya, saya juga mendapat kabar buku Selfie Stories terbit. Seluruh royalti dari buku ini akan disumbangkan. Mudah-mudahan membawa berkah untuk semua penulisnya ya. Aamiin.


Foto: dari Mak Winda

Kami sekeluarga terbang ke Semarang karena saya mengisi Kelas Menulis di Panti Asuhan Kiai Ageng. Acara ini merupakan rangkaian acara 98 Friendship Festival, sebuah acara reuni yang digagas teman-teman saya semasa SMA.
Dari Semarang, kami sekeluarga terbang ke Singapura untuk berlibur. Liburan ini sudah kami rencanakan  jauh-jauh hari. Dari Singapura kami kembali ke Depok beberapa hari lalu lanjut ke Bandung. Liburan di Bandung bukan sesuatu yang kami rencanakan sebetulnya. Kami dadakan ke sana karena kebetulan ada acara pernikahan seorang teman.

Alhamdulillah, 6 buku terbit (solo dan antologi) serta 10 buku editan. Jumlah ini mungkin tidak sesuai harapan saya. Namun saya yakin, akan tiba waktunya saya bisa fokus menulis buku lagi seperti dulu. Mudah-mudahan tahun depan, Allah senantiasa memberikan kesehatan, keberkahan, dan segala kebaikan untuk keluarga kami. Aamiin. [Fita Chakra]

14 comments :

  1. Itu mah produktif mba fita hehe... moga tahun depan tambah produktif ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Dibandingkan penulis yang fokus nulis (baik di blog, media maupun buku) saya masih jauh, Indri. Pinginnya fokus salah satu. Tapi ada beberapa yang masih belum bisa aku lepas saat ini. :)

      Delete
  2. subhanallah keren banget pencapaiannya mba...semoga di tahun depan makin sukses ya mba...

    dulu SMA 1 Semarang ya mba :)

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Alhamdulillah, Mbak. Masih ada keinginan untuk fokus salah satu saja. Hihi, terlalu banyak keinginan kurang tenaga saya mah. :)

      Delete
  4. cerita hororo di sekolah, wak aku penasaran

    ReplyDelete
  5. Wah, keren bangeeet. Sepanjang tahun penuh aktivitas yang menghasilkan dan membanggakan. Dirimu sungguh luar biasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih berjuang, Mbak Way. Mudah-mudahan tahun depan lebih produktif. Aamiin.

      Delete
  6. Ini diaaa mbak fita sosok penulis keren..produktif dan inspired me :)

    ReplyDelete
  7. Buku nya keren, kayak nya boleh tuch ntar beliin buat ponakan :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ayo beli, buat ponakan, buat saudara hehe

      Delete
  8. Wah sangat kreatif dan produktif sekali, hingga kini sampai sejauh itu pencapaianya, buset dah!!! keren mba, salut. Semoga kedepan semakin sukses dan fokus lagi. thanks

    ReplyDelete