Sunday, December 13, 2015

Belajar Home Education dari Mak Irul

Diam-diam, saya suka memerhatikan beberapa blog yang rajin posting topik parenting. Salah satu blog yang saya singgahi adalah blog milik Mak Irul, demikian saya biasa menyapanya. Catatan Emak, judul blognya merupakan catatan keseharian Mak Irul bersama keenam anaknya. Enam? Iya, benar. Kebayang kan, gimana sibuknya dia? Saya saja yang punya anak tiga, sering pontang-panting mengatur waktu. Eh, tapi, hebatnya, Mak Irul sempet lho bikin kurikulum home education untuk keenam anaknya.



Anyway, postingan tentang home education ala Mak Irul ini, membantu saya. Terutama saat saya bingung menentukan aktivitas untuk ketiga putri saya. Misalnya, postingan tentang Percobaan Mengangkat Es Batu dengan Benang. Hihi anak-anak saya kebetulan senang percobaan. Jadinya yang ini bisa dicoba di rumah. Ngomong-ngomong, saya sendiri sebenarnya belum terpikir untuk homeschooling. Tetapi, nggak ada salahnya kan saya belajar? 


Kegiatan anak-anak saya. Foto: Doc. Pri

Kegiatan lain, bersama anak-anak kompleks. Foto: Dok. Pri



Oya, postingan lain yang terkesan buat saya adalah postingan tentang "Ayah". Saya sepenuhnya setuju pendapat Mak Irul, bahwa Ayah dan Ibu sebaiknya bekerjasama mengasuh anak. Tugas mendidik dan mengasuh anak bukan hanya tugas Ibu. Dan saya bersyukur, suami saya termasuk tipe ayah yang nggak keberatan "momong" anak. Nggak heran kalau saat saya pergi, anak-anak bisa jinak bersama ayahnya :D Mak Irul pernah menuliskan tentang pentingnya peran ayah dalam postingan berjudul Ayah Bisu. Ini termasuk postingan yang mencerahkan batin saya.


Saya dan Mak Irul memang belum pernah berbincang lama di dunia nyata. Selama ini, kami hanya bicara melalui sebuah grup. Walau begitu, saya bisa belajar darinya melalui blog, Thank you, Mak Irul. Keep inspiring!



14 comments :

  1. Salut bener sama Mak Irul anaknya enam HS smuaaa

    ReplyDelete
  2. Anak banyak, insya Allah ortu bahagia kelak di hari tua. Aamiin. Rajin banget ya, walaupun anak 6 masih sempat meluangkan waktu untuk beraktivitas yang positip.

    ReplyDelete
  3. Saya suka kagum sendiri kalau ada orang tua yang sanggup melakukan home schooling. Karena saya tahu betul, membuat kurikulumnya saja sudah repot, belum lagi meluangkan waktu untuk aktifitas belajar anak.

    ReplyDelete
  4. aku juga sering contk ke blognya mak irul nih

    ReplyDelete
  5. Nanti kepoin satu-satu blogpostnya ah..

    ReplyDelete
  6. Anak 6 dan semua pasti punya karakter berbeda...
    Harus banyak belajar nih...

    ReplyDelete
  7. Klo yg di posting diblog yg baik aja ka fit, yg anak2 berantem g masuk bkog :D

    ReplyDelete
  8. Waaa ada banyak juga eksperimen Faiz waktu itu, lebih lengkap ke blog Mbak Irul ya MBak Fit.

    ReplyDelete
  9. seruuuu ya eksperimen di rumah...kita bisa belajar banyaaak pastinya

    ReplyDelete