Monday, December 21, 2015

5 Ide Kegiatan iburan untuk Anak-anak

Menjelang liburan, saya biasanya sudah menyiapkan kegiatan untuk anak-anak. Tidak selalu berupa pergi ke suatu tempat (yang mana budget liburan ini bisa jadi membengkak kalau dipakai untuk full travelling selama liburan). Namun juga bisa berupa kegiatan kreatif dan edukatif untuk anak-anak.  Alasan saya merencanakan liburan supaya anak-anak punya kegiatan yang berarti. Jujur saja, saya tidak suka melihat mereka memegang gadget seharian atau menonton televisi terus. Ini biasanya terjadi jika tidak punya rencana liburan.

Lalu, apa saja kegiatan yang bisa dilakukan? Berikut ini saya bagkan beberapa ide kegiatan seru untuk mengisi liburan anak-anak:

Travelling
Kebetulan, kami sekeluarga suka travelling. Walau begitu, kami jarang pergi tanpa perencanaan. Jadi, jika kami pergi keluar kota, biasanya sudah kami rencanakan jauh-jauh hari. Hanya sesekali kami pergi dadakan, terutama saat suami saya mendadak pergi meeting keluar kota di saat anak-anak  libur. Jika ini terjadi, kami biasanya diajak serta.
Kenapa kami merencakan travelling jauh-jauh hari? Karena budget travelling bagi kami berasal dari dana tabungan. Merencanakan travelling membuat kami bisa mengatur besaran budget, sehingga tidak kebablasan.
Tujuan travelling kami adalah membuka wawasan anak-anak tentang tempat yang kami tuju. Mereka tidak sekadar refreshing, tetapi juga belajar hal baru.

Art and Craft
Kalau sepakat menghabiskan masa liburan di rumah saja (biasanya jika masa liburan tidak terlalu panjang), saya mengajak anak-anak berkreasi. Anak-anak menggambar menggunakan crayon warna, membuat kreasi dari barang bekas, dan sebagainya. Liburan puasa tahun ini, anak-anak belajar merajut pada salah satu tetangga kami. Pokoknya, anak-anak bisa mengerjakan semua hobi mereka saat liburan.

Kegiatan Outdoor
Olahraga seperti bersepeda maupun berenang menjadi salah satu favorit kami. Kadang-kadang, kami berjalan-jalan saja sambil menikmati udara pagi di taman-taman kota. Anak-anak suka mengumpulkan berbagai bentuk daun dan memainkannya. Mereka juga mengamati lingkungan.
Kegiatan outdoor murmer yang sering kami lakukan saat pergi ke Semarang adalah pergi ke Simpang Lima. Di sana, anak-anak bisa berlari-lari atau mencoba menaiki sepeda tandem maupun mobil-mobilan yang dikayuh layaknya sepeda.

Mobil kayuh di Simpang Lima Semarang. Foto: Dok. Pri

Mengikuti Kelas Liburan
Mengikuti kelas liburan juga sering kami lakukan. Menjelang liburan biasanya banyak penawaran kegiatan anak-anak. Misalnya kelas menulis, kelas memasak, camping, dan sebagainya. Saya menunjukkan beberapa jenis penawaran kelas pada anak-anak supaya mereka  bisa memilih. Tahun lalu, saya mengadakan kelas menulis saat liburan, dan melibatkan anak-anak saya. Kegiatan ini bagus juga untuk melatih tanggung jawab anak-anak. Selain itu, anak-anak juga jadi punya banyak teman baru, yaitu peserta kelas menulis tersebut hehehe.

Silaturahim
Mengunjungi kerabat yang jarang bisa dikunjungi di saat hari kerja merupakan salah satu kegiatan liburan kami. Saking banyaknya kerabat, anak-anak kadang-kadang bingung menyebut si A itu sebagai Om atau Eyang dan sebagainya. Dengan kunjungan seperti ini, mereka belajar mengenal kerabat. Sepulangnya, akan lebih mudah bagi kami untuk menerangkan bahwa Eyang B yang suka memasak itu adalah adik Opa, dan seterusnya.


Kegiatan tersebut di atas merupakan kegiatan keluarga kami. Saya sedang mengingat-ingat kegiatan lainnya. Teman-teman boleh memberikan masukan pada saya jika ada. [Fita Chakra]


9 comments :

  1. Wewwww, bisa diconteh nih buat kegiatan anak di rumah :)

    ReplyDelete
  2. Kelas liburan asyik kayaknya ya. Kalo di Jakarta banyak aku liat, menjelang liburan udah ada aja promo2 kelas liburan gitu buat anak2. Ini penting banget buat emak2 macam aku yang kebingungan ide kalau anak2 lagi liburan panjang. Hahahaha

    ReplyDelete
  3. Aku suka kalau silaturrahim itu....pulangnya dibawain oleh2. Wkwkwk (pas kecil).

    Berkebun juga enak kalik, ya. Menanam apa saja, gtu. :)

    ReplyDelete
  4. aku paling suka traveling...dan anak-anak alhamdulillah suka juga..walaupun kalau kelamaan dan kejauhan suka protes hehehe. Enjoy your holiday ya mbaaa

    ReplyDelete
  5. mobil kayuh ini aku smepet tertarik naik tapi berhubung penuh banget jadinya nonton aja :)

    ReplyDelete