Monday, October 19, 2015

Buku-buku "Teman" Mendongeng Terbaik Versi Saya

Seperti yang saya bilang di postingan sebelumnya [Mewariskan Kebiasaan Baik Melalui Mendongeng dan Tips Mendongeng Ala Saya], saya masih belajar banyak untuk mendongeng. Oleh karenanya, saya sering menggunakan buku sebagai "teman" saya untuk mendongeng. Lama kelamaan, saya punya beberapa buku favorit yang sering saya pakai, baik saat mendongeng untuk ketiga putri saya, maupun mendongeng untuk murid-murid saya. Tidak selalu buku-buku itu adalah buku hasil karya saya. Tetapi juga buku-buku hasil karya teman-teman penulis. Saya mengelompokkan buku-buku sebagai "teman" mendongeng tersebut ke menurut tema ceritanya. Tentu saja, postingan ini sangat subyektif ya. Karenanya, saya beri judul dengan catatan "versi saya". 

Buku Cerita Binatang (Fabel)
Tak diragukan lagi, fabel adalah salah satu jenis cerita yang disukai anak-anak. Apapun jenis binatangnya, saya yakin anak-anak pasti suka. Kenapa? Ya, mungkin karena tingkah para binatang itu menarik bagi anak-anak. The Enormous Crocodile karya Roald Dahl merupakan salah satu buku bertokoh binatang yang disukai anak-anak saya (dan saya tentunya!). Ilustrasinya keren, ceritanya pun menarik, tentang buaya raksasa yang ingin memakan anak-anak yang ditemuinya. 

Didongengi si Kakak. Foto: Dok. Pri
Buku fabel lain yang merupakan senjata andalan saya adalah Dongeng Fabel terbitan BIP (berisi kumpulan cerita binatang) dan Kumpulan Dongeng Binatang karya Anne-Marie Dalmais.


Koleksi kami. Foto: Dok. Pri

Buku Cerita Tentang Keluarga
Anakku tersayang, sahabat sangatlah berharga. Jangan biarkan apa pun, terutama kesombongan, menjadi penghalang. teman sejati adalah harta yang sesungguhnya. (A Mother's Letters to Her Daughter karya Arleen A).

Giliran Ayah mendongeng. Foto: Dok. Pri.
I Love You, Mom adalah salah satu buku favorit putri sulung saya. Saking sukanya, buku ini sampai lecek dibuka-buka. Terpaksa saya menjilidnya dengan jilid ring supaya tetap bisa kami gunakan. Buku-buku yang bercerita tentang keluarga seperti ini disukai oleh anak-anak karena obyek bahasannya dekat dengan mereka.

Buku Cerita Rakyat
Putri kembar saya, suka mendengar cerita rakyat. Ini mengejutkan, karena awalnya, saya tidak pernah membacakan cerita rakyat untuknya. Tetapi, ketika suatu hari kami dalam perjalanan panjang, saya terpaksa mendongeng tentang asal usul Rawa Pening saat kami melintasi rawa itu. Sejak itu, mereka sering minta diceritakan dongeng yang berawalan, "Dahulu kala..." hahaha. 
Salah satu buku cerita rakyat yang oke. Sumber: Blog Mbak Dian K.
Walaupun tahu beberapa cerita rakyat, saya lebih pede mendongeng berdasarkan buku yang saya baca. Masalahnya, saya suka lupa nama tokohnya. Sementara si kembar mau tahu tokohnya. Kalau hanya dibilang Raja dan Putri, mereka mengejarnya dengan pertanyaan, "Siapa nama putrinya?". Nggak mungkin kan, saya bilang putrinya bernama Sofia the First? 

Buku Cerita Islami
Sebagai keluarga muslim, kami ingin menanamkan nilai-nilai islami pada anak-anak. Salah satu caranya adalah dengan mendongengkan cerita islami. Waktu masih balita, anak-anak suka seri Halo Balita. Sekarang, mereka lebih suka seri Princess Islami seperti buku-buku karya saya ini [baca: [Proses Kreatif] Princess Ramlah dan Princess Salamah].

Nah, itu tadi cerita saya tentang buku-buku yang menemani saya mendongeng. Apakah kamu punya buku favorit sebagai "teman" mendongeng? Yuk, share. [Fita Chakra]


Postingan ini ditulis dalam rangka Festival Dongeng Internasional yang akan diadakan pada tanggal 31 Oktober dan 1 November 2015 di Museum Nasional.



Info detail, silakan klik http://indostoryfest.com/

12 comments :

  1. Jarang banget skrg yang didongengin, akk kece lahh ini makk, bisa dongengin si kecil

    ReplyDelete
  2. anakku juga sekarang suka baca buku cerita rakyat mbk. mungkin di sekolah udah sering diajari gurunya.

    ReplyDelete
  3. aku juga ada cerita dongeng tapi beda judul mak fit

    ReplyDelete
  4. Di rumah ada cerita dongeng binatang karya Annie-Marie. Bagus memang, dan ceritanya menarik. Warna gambarnya juga terang :)

    ReplyDelete
  5. Ilustrasi bikin anak2 makin senang membaca ya, Mbak. Ngga sabar pingin segera dongengin buat anakku nanti. :D

    ReplyDelete
  6. aku akdang mendongeng pake imajinasi, kalau pakai bukupun nanti lama-lama ngelantur dan ternyata aku ws mereem

    ReplyDelete