Friday, May 17, 2013

[Tips Menulis] Selain "Katanya" Apa Lagi?

"Aku nggak mau makan nasi goreng lagi," katanya.

"Pakai saja sepedaku, asal jangan lupa membersihkan," katanya.

Pernah nggak membaca cerita yang akhir dialognya banyak dibubuhi "katanya"? Sebenarnya, banyak lho, kata lain yang bisa dipakai untuk menggantikan "katanya." Nah, ini beberapa kata yang kami (saya, Fasya, Fayanna, dan Keisya) temukan tadi sore saat kami bermain kata.

1. Teriaknya.
2. Omelnya.
3. Bentaknya.
4. Pekiknya.
5. Ujarnya.
6. Celotehnya.
7. Ucapnya.
8. Bantahnya.
9. Tegasnya.
10. Tantangnya.
11. Akunya.
12. Bisiknya.
13. Rintihnya.
14. Lirihnya.
15. Rengeknya.
16. Erangnya.
17. Elaknya.
18. Celetuknya.
19. Terangnya.
20. Jelasnya.

Saya pikir, masih banyak lagi kata lain yang bisa digunakan saat menuliskan dialog. Mau menambahkan?

15 comments :

  1. whoaaaa.. tips nya kece deh Mak..
    sebelumnya emang selalu stuck di "katanya" hihihih x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah... :D banyak lho yang lainnya kalau mau eksplore

      Delete
  2. Aaaaah... Harusnya ada "tulisnya", Bu Fita... Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ayo tambahin lagi, Zahra pasti dapat lebih banyak :D

      Delete
  3. Desahnya
    Perintahnya

    Mmmmmm apalagi ya?

    Kata-kata untuk menjelaskan kalimat langsung ini emang penting banget ya dibuat variasinya. Pernah deh mbak, aku baca salah satu serinya Minmie itu pas bagian bahasa Inggris, sebelum dan setelah kalimat langsung isinya semua, 'exclaim Minmie' dan Minmie exclaim. Bacanya kurang enak rasanya. Apa karena target pembacanya anak-anak ya jadi dibuat sesederhana mungkin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Minmie yang mana tuh? Iya, memang lebih enak dibaca kalau banyak variasinya. Anak-anak juga jadi belajar lebih banyak kata. :)Makasih udah berkunjung ke sini, Nia :)

      Delete
  4. Candanya

    hmm, apalagi yaa...:D

    ReplyDelete
  5. Kak ini Fasya.

    1. Ejeknya
    2. ujarnya
    3. tangkapnya
    4. celotehnya
    5. teriaknya
    6. gumamnya
    7. tangisnya
    8. ucapnya
    9. candanya
    10. tulisnya
    11. sombongnya
    12. perintahnya
    13. desahnya
    14. dorongnya
    15. irinya
    16. tantangnya
    17. bantahnya
    18. lawannya
    19. akunya
    20. omelnya
    21. pekiknya
    22. larinya
    23. jelasnya
    24. terangnya
    25. rintihnya
    26. celetuknya
    27. kaburnya
    28. panjang lebarnya, dan masih banyak lagi.

    Siapa nih yang mau tambahin lagi?

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Hahah ayo jangan kalah sama Fasya,, Wur :)

      Delete