Friday, February 26, 2016

Mari Makan Buah!

Sebenarnya sudah dari tahun kemarin kami sekeluarga mencoba memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Untuk buah, anak-anak sudah mulai terbiasa makan sehari-hari. Sedikit-sedikit bahkan mereka mulai makan buah di pagi hari, mengganti menu sarapan berat yang biasa mereka makan. Sebenarnya sih, yang ini karena terpaksa hehe. Sejak ART resign, saya berusaha menyederhanakan hidup, termasuk menyederhanakan tugas-tugas harian saya. Kalau bisa makan pagi tanpa masak, kenapa nggak? Jadilah saya rayu anak-anak makan buah di pagi hari. Hitung-hitung latihan food combining. Belum sempurna sih. Kadang-kadang, habis makan buah masih laper, ya saya biarin mereka makan sereal atau bikin omelet. Makan siang dan malem pun masih suka-suka. Gak papalah, bertahap ini ya.






Supaya tahun ini makin kenceng semangat untuk makan sehat, saya berusaha menyimpan buah di dalam kulkas. Setiap hari bisa dibilang selalu ada buah. Macem-macem jenisnya. Tetapi ternyata, ada beberapa jenis buah yang menjadi favorit kami. Buah apa sajakah itu?

Pepaya
Pepaya adalah salah satu buah kesukaan suami saya. Sebaliknya, anak-anak tidak suka pepaya. Mungkin karena bau pepaya yang khas itu. Tetapi, ketika suami saya membeli pepaya California, anak-anak menyukainya. Ternyata, pepaya California ini manis dan baunya enak.

Jeruk Lemon
Jeruk lemon biasanya kami pakai untuk membuat lemon tea, atau infused water. Kadang-kadang, anak-anak minum perasan air jeruk lemon saat kondisinya kurang fit. 

Alpukat
Anak-anak suka sekali makan alpukat. Masalahnya, beli alpukat ini susah-susah gampang. Kadang terlalu mateng. Kadang terlalu keras. Kalau belinya masih keras, eh beberapa hari setelahnya malah busuk atau berulat. Hiiy.... Untungnya, beberapa waktu lalu, saya baca tips untuk memeram alpukat di blognya Silvi (baca: Memeram Buah Alpukat Mentah Supaya Cepat Matang Sempurna). Awalnya, rada ragu. Coba-coba dipraktikan, ternyata berhasil! Yeay, makin seneng makan alpukat deh jadinya. Thank you ya, Sil!

Semangka
Ada cerita lucu soal semangka ini. Jadi dulu, saya selalu ngupas kulit semangka, lalu buahnya dipotong kecil-kecil. Maksud saya, supaya anak-anak lebih mudah makannya. Tinggal ditusuk pakai garpu. Ternyata, kalau dipotong-potong begitu, nggak ada yang mau makan. Mau berapa haripun di kulkas, tetap nggak dicolek. Suatu kali, saya males ngupas. Saya potong-potong saja semangka yang baru saya beli. Ternyata, anak-anak malah makan dengan lahap! Saya baru tahu bahwa mereka lebih suka menggigit langsung dari kulitnya hahaha.

Apel
Kami sekeluarga suka berbagai macam apel. Sayangnya, kalau ngupas apel lalu dibiarkan kelamaan, daging buah apel jadi kecokelatan. Ketika saya tahu bahwa rahasianya supaya daging buah apel tetap putih, saya bubuhkan garam setelag mengupasnya. Anehnya, anak-anak malah protes karena rasanya menjadi sedikit asin. Baiklah, sejak saat itu saya kupas saja sesuai porsi anak-anak agar dagingnya nggak kecokelatan.

Bagaimana dengan teman-teman. Apa buah favorit kalian? Yuk, semangat makan buah, semangat sehat.[Fita Chakra]





18 comments :

  1. aku juga dapat tips dari Silviana dan mbak Isti, waktu di group makcer...karena aku taro di kulkas alpukatnya. Fira dan Faiz suka buah naga tante,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh si kembar juga suka buah naga. Tapi aku jarang-jarang beli hihi.

      Delete
  2. favorit kami dirumah buah naga merah dan melon mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buah naganya sama... Anak-anak juga suka. :)

      Delete
  3. saya tiap pagi pasti sarapan buah pepaya,buah yang wajib ada hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pepaya sekarang jadi buah kesukaan kami, Mak. Wajib ada juga sih di kulkasku. :D

      Delete
  4. Buah-buah itu juga ada di daftar makanan keluargaku, Mbak. Kurang dua sih, buah pir sama pisang. Emang iya, kalau ga makan buah, berasa ada yg kurang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. O iya, pisang favorit juga itu di rumahku.

      Delete
  5. Aku paling suka makan buah mangga.. Kalo pas sedang musim bisa tiap hari makan mangga.. Nah kalo sedang gak musim paling2 aku bikin sendiri jelly mangga, lumayan buat pengobat rindu mangga..

    ReplyDelete
  6. cuma semangka yg kurang aku suka Mak Fit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak suka semangka. Kalau aku nggak begtu suka, soalnya kalau abis makan semangka pingin pipis terus :D

      Delete
  7. Kerasa banget ya Mak kalau ga ada buah rasanya ada yang kurang. :) Kalau Lemon aku selalu ada di kulkas. Pepaya sebenarnya enak cuma kadang aromanya suka smelly gitu hehehe. Eh tapi kalau dibikin smoothie sama buah-buahan lain enak juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Tapi kalau pepaya California itu enak kok, Mak.

      Delete
  8. Sama kayak mbak Lidya, aku kurang suka semangka. Tapi kalau dicampur buah melon terus dikasih mayonaise dan parutan keju aku gak nolak :D

    ReplyDelete
  9. aku jarang makan buah2an., abisnya kadang suka lupa hehe

    ReplyDelete