Tuesday, February 16, 2016

5 Rules di Rumah Kami

Sebagai ibu, saya tergolong tegas dan disiplin. Nggak heran kalau di rumah kami, ada rules atau aturan yang harus dipatuhi. Kami membuat kesepatan itu untuk membiasakan anak-anak. Awalnya, tentu saja sulit. Kami harus konsisten dengan aturan tersebut. Kalau lengah sedikit saja, anak-anak akan kembali pada kebiasaan lama. Namanya anak-anak, ada saja alasan mereka untuk menghindar dari aturan tersebut. Oleh karenanya, saya dan suami berusaha tidak mudah terbujuk rayuan dan nego mereka. 



Saya yakin, setiap rumah pasti punya rules masing-masing. Demikian juga dengan kami. Bisa jadi, aturan di rumah kami berbeda dengan aturan di rumah teman anak-anak. Hal ini, kadang-kadang menimbulkan pertanyaan mereka. Mengapa di rumah si A boleh tidur jam berapapun, sedangkan di rumah kami tidak? Mengapa di rumah si B boleh main gadget kapan saja, sedangkan di rumah kami tidak? Dan seterusnya. Saya bilang pada anak-anak, bahwa selama mereka tinggal di rumah bersama kami, orangtuanya, aturan yang berlaku ya aturan di rumah kami. 



Apa sih pentingnya membuat rules di rumah? Buat saya, aturan ini bertujuan menanamkan kebiasaan baik pada anak-anak. Selain itu, saya berharap anak-anak lebih tertib dan mandiri.


Aturan apa saja sih yang kami terapkan di rumah, berikut beberapa di antaranya:

Tidak Makan di Kamar
Saya suka gemes kalau lihat remah-remah makanan di kasur atau di lantai kamar. Oleh karenanya, anak-anak tidak saya perbolehkan makan di kamar. Kalau minum, boleh saja. Kalau ada yang tumpah, silakan membersihkannya sendiri. Seejak kecil, saya biasakan anak-anak makan di meja makan. Tetapi, di saat-saat tertentu seperti akhir pekan, mereka meminta izin untuk makan di depan TV. Sesekali saya izinkan, dengan catatan, makannya tidak berlama-lama. Soalnya, seringkali, makan sambil menonton TV membuat konsentrasi mereka terpecah.

Membereskan Tempat Tidur dan Kamar Saat Bangun Tidur
Aturan yang ini sudah dilakukan anak-anak sejak mereka berumur 6 tahun. Sekarang, mereka sudah terbiasa membereskan tempat tidur sendiri. Sesekali masih perlu diingatkan. Tetapi, biasanya begitu saya ingatkan, mereka langsung tahu yang akan dilakukan. So far, membereskan tempat tidur belum sepenuhnya rapi. Tetapi saya yakin, lama kelamaan akan lebih baik.

Merapikan Mainan dan Buku Setelah Digunakan
Saya minta anak-anak membereskan sendiri mainan, buku dan alat-alat craft mereka setelah digunakan. Begitupun saat temannya datang. Mereka mengajak temannya ikut membereskan mainan. 

Main Gadget Hanya Saat Akhir Pekan
Di rumah kai, anak-anak mendapatkan jatah memegang gadget di akhir pekan saja. Mulai dari Jumat malam, sampai Minggu sore. Selebihnya, saat liburan sekolah. Itupun saya batasi dua jam saja dalam sehari. Namanya anak-anak, kadang-kadang, di hari biasa, mereka masing mencoba merayu saya. Tetapi sekarang sudah jarang sekali. Kalaupun mereka memegang gadget, biasanya minta izin dulu.

TV dimatikan Saat Adzan Maghrib
Di hari kerja, anak-anak menonton televisi sepulang sekolah, sekitar pukul 15.30. Biasanya ketika mereka tidak ada les atau kegiatan. Saat terdengar adzan Maghrib, mereka saya minta matikan TV. Setelah sholat, mereka biasanya makan, lalu membaca-baca sampai saat tidur. Yang jelas, tidak ada kegiatan yang berhubungan dengan gadget dan TV menjelang tidur.

Kegiatan sebelum tidur. Foto: Dok. Pri.

Aturan yang dibuat Keisya. Foto: Dok. Pri.

Nah, itulah 5 aturan di rumah saya. Masih ada banyak aturan lainnya, seperti masuk ke kamar harus mengetuk pintu, dan sebagainya. Mungkin teman-teman mau share aturan di rumahnya? [Fita Chakra]

11 comments :

  1. Seep, itu waktu aku tinggal di rumah kakek dan nenekku, TV dimatikan sewaktu adzan maghrib juga. Sampai setelah sholat Isya, baru boleh dinyalakan kembali. Pun, harus dimatikan pukul 9 malam. hihii, kebayang sekarang

    ReplyDelete
  2. Anakku skr nontonnya sore mak jd begitu adzan tv mati shalat lanjut ngaji n belajar. Nonton yg agak lama boleh pas sabtu aja

    ReplyDelete
  3. peraturan kita hampir sama mba. membuat peraturan di rumah efektif membuat anak lebih tanggung jawab dan disiplin sejak dini

    ReplyDelete
  4. kadang aku bunda, kalo nggak makan dikamer itu nggak seru, soalnya dikamer aku sering liat movie sambil makan :D , pasti anak jadi bangga punya ibu seperti ini.

    ReplyDelete
  5. Semakin gede maka semakin kuat usaha sulungku utk break the rules, Fit hahahaa.... emaknya dibikin pyusing nih.

    ReplyDelete
  6. samaan mba Fhita...yang 5 itu kita dirumah juga begitu..

    ditambah taruh pakaian kotor harus tertib dikeranjang dan menjemur handuk di gantungannya dengan rapih...

    ReplyDelete
  7. Membuat peraturan di rumah itu menganamkan sifat2 kepada si anak agar disiplin ya Mba..

    ReplyDelete
  8. Anak saya (3 tahun) kadang masih suka bawa makanan ke kamar. hiks.

    ReplyDelete
  9. Dulu anakku belum ada gadget, adanya PS. Dan aku kasih peraturan boleh main kalo sabtu dan minggu sampai sore aja, itu pun ada break. Tapi harus tetap sisihkan waktu buat main di luar rumah.

    ReplyDelete
  10. Kayaknya aku harus mulai menerapkan juga nih peraturan di rumah biar anak-anak berlatih disiplin.

    ReplyDelete
  11. sekarang sih saya masih suka makan di kamar, sering ditinggal suami pergi soalnya sementara rumah masih sepi. takut, mak :))

    ReplyDelete