Friday, February 12, 2016

Jalan-jalan ke Hortimart Agro Center Bawen, Semarang

Sepulang dari Museum Kereta Api Ambarawa, kami mampir ke Hortimart di Bawen. Awalnya sih, karena kami sudah lapar hehe. Kata Opa, di sana ada restorannya, jadi sekalian saja deh.

Hortimart ini adalah sebuah agro wisata. Pengunjung yang datang bisa berkeliling kebun seluas sekitar 25 hektar menaiki mobil wisata. Kabarnya sih, selain di Bawen, ada Hortimart di lokasi lain yang jauh lebih luas, mencapai 200 hektar!

Mobil wisatanya yang warna oranye itu. Foto: Dok. Pri.

Nah, begitu datang, kami langsung membeli tiket mobil wisata. Sewa semobil (bisa diisi 10-12 orang) Rp 100.000,- dapat salak sekilo gratis. Asyik! Lumayan buat nyemil sambil keliling hihi. Di dalam mobil wisata tersebut, ada seorang pemandu wisata yang siap menjelaskan segala sesuatu tentang agro wisata ini.

Tanaman yang masih kecil, belum dipindahin ke kebun. Foto: Dok. Pri.

Menurut pemandu, Hortimart didirikan oleh Bapak Budi Darmawan, seorang pengusaha. Selain agro wisata, beliau juga mengembangkan berbagai jenis tanaman di sini. Mayoritas tanaman di Hortimart adalah tanaman buah seperti durian, mangga, buah naga, pepaya, jeruk dan masih banyak lagi. Yang istimewa, ada satu jenis durian yang non kolesterol yang diminati pengunjung di sini. Untuk mendapatkannnya, mesti indent dulu, saking larisnya. Padahal, harganya cukup mahal, sekitar 150 ribu per kilo.

Uniknya, sistem pengairan di Hortimart diperoleh dari embung. Ada yang tahu? Embung ini semacam danau buatan (dilapisi bahan kedap air yang lentur supaya air yang ditampung tidak merembes ke dalam tanah), yang dilengkapi dengan pipa-pipa air. Ada beberapa embung di sini, yang digunakan untuk mengairi per bagian kebun. Kenapa mesti dibuat embung ini? Supaya kebutuhan air tiap tanaman terpenuhi, juga untuk bejaga-jaga saat curah hujan kurang.
Dari jendela resto. Dimana-mana hijau. Foto: Dok. Pri.
Penempatan tanaman di kebun ini menarik lho. Masing-masing sektor diberi tanda sesuai waktu panen mereka. Panennya sekitar 6 bulan sekali. Ada sektor Medes (Mei-Desember), Jupe (Juni-Februari) dan sebagainya. 

Setelah keliling kebun, kami pun makan. Menunya cocok di lidah saya. Mendoan, nasi goreng, teh dan susu jahe. Semuanya hangat. Alhamdulillah, kenyang. Sambil menikmati pemandangan, anak-anak main ayunan dan jungkat-jungkit. Kebetulan ada sebuah playground di samping resto. 

Playground. Foto. Dok. Pri.

Dipilih... dipilih... Foto: Dok. Pri.

Di Hortimart, pengunjung juga bisa membeli bibit tanaman sekaligus pupuknya lho. Kalau mau beli buah, ada swalayan kecil di dekat resto. Waktu kami datang, sedang banyak orang yang berbelanja. Antre panjaaang…. Akhirnya batal beli deh.

Apa lagi yang bisa dilakukan di Hortimart?

Bagi pengunjung anak-anak, bisa mendaftar wisata edukasi secara berombongan. Nanti akan diajari cara menanam tanaman juga diajak memetik buah. Seru kan?

Brosur paket edukasi. Foto: Dok. Pri.

Seger ya? Foto: Dok. Pri.

Nah, kalau mau mengadakan arisan keluarga atau acara lain tersedia tempatnya. Ada beberapa jenis paket makanan yang bisa dipilih. Ruangannya muat sampai 300 orang. Udaranya segar, pemandangannya indah, wah… buat saya sih, tempat ini nyaman dan menarik. 


Hortimart Agro Center
Jl. Gatot Subroto No. 55, Bawen, Semarang.
Buka: Setiap Hari 



9 comments :

  1. Seru banget yaa di sana, seger, hijau, memanjakan. Btw Holtimart atau Hortimart ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, salah ternyata *tutup muka. Hortimart mbak. Makasih koreksinya :)

      Delete
  2. Wah kalau di Cileungsi Bogor kami juga punya area wisata seperti ini mba, Taman Buah Mekar Sari. Ga hanya biah aja tapi sayur mayur juga ada. Ada wisata petik buah sayur juga, lumayan deh bisa ngajarin anak2 mengenai agrowisata ya mba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kami pernah main ke Mekarsari. Tapi waktu itu sedang ramai-ramainya, jadi kurang nyaman. :(

      Delete
  3. Banyak hal yg bisa dilakukan di Holtimart ya Mba.. Menambah pengetahuan seputar tanaman yag bermanfaat ya Mba..

    ReplyDelete
  4. Wuiiih, seneng banget ya, seger liat yang hijau-hijau sambil rekreasi. Bunda belum pernah ke sini, padahal sudah beberapa kali ke Semarang.

    ReplyDelete
  5. Waah, hrs mampir sini ntar klo aku ajak anak ke semarang. Sip

    ReplyDelete
  6. Aku malah belum kesana, cuma dengar cerita aja dari teman-teman yang udah menikmati jjs di hortimart

    ReplyDelete