Tuesday, November 21, 2017

Belanja Barang Murah Meriah di Flohmarkt

Bismillahirohmanirrohim.

Urusan diskon dan harga murah, pastilah sesuatu yang menarik buat ibu-ibu dimana pun. Maka ketika kebetulan mampir ke blog Idah yang di salah satu postingannya bercerita tentang diskon akhir tahun, tiba-tiba saya ingat pengalaman lalu. Beberapa bulan lalu, ketika berkunjung ke Jerman, saya dan keluarga berkesempatan mampir ke dua lokasi flohmarkt. Tepatnya di Heidelberg dan di Berlin. Flohmarkt ini, bisa dibilang surganya ibu-ibu yang suka berburu barang dengan harga ekonomis hihi.

Apa itu flohmarkt? Flohmarkt adalah pasar barang bekas yang digelar di suatu tempat, seperti lapangan atau suatu tempat terbuka misalnya jalan raya. Di flohmarkt ada banyak barang yang dijual, mulai dari mainan, peralatan rumah tangga, alat elektronik, buku sampai tas bermerek.


Tahukah apa ini? Kenop pintu! Foto: Dok.Pri
Pengalaman adik saya, selama kurang lebih tiga tahun tinggal di sana, jika cermat, dia bisa menemukan buku cerita anak dan mainan dalam kondisi yang cukup bagus. Harganya pun terjangkau. Untuk barang-barang lain, adik ipar saya punya pengalaman mendapatkan kamera kuno.


Segala macam buku, ada. Foto:Dok. Pri

Flohmarkt biasa digelar saat hari libur. Pada saat itu, pagi-pagi, kami sudah berangkat, sibuk memilih barang, walaupun akhirnya nggak banyak yang kami beli. Entah karena beruntung atau kasihan, si kembar mendapatkan mainan mobil-mobilan kecil gratis, dari salah satu penjual yang kami kunjungi. Alhamdulillah, soalnya mereka memang suka banget mainan itu. 

Sedangkan suami saya, berhasil mendapatkan beberapa cangkir besar berukiran gambar khas Jerman. Cangkir-cangkir itu biasa kami lihat di toko souvenir dengan harga berkali-kali lipat. Lumayanlah ya, buat oleh-oleh hihi. Penampakannya sih nggak semulus dan mengkilap seperti yang baru. Tetapi jika cermat memilih, bisa kok mendapatkan yang kondisinya lumayan bagus. Bahkan kadang-kadang dikasih bonus oleh penjualnya.


Payungnya, Bu, Pak. Foto: Dok. Pri.

Bagaimana dengan saya? Waktu itu udah tertarik dengan beberapa alat bersih-bersih, macam kemoceng dan penyedot debu hahaha. Tapi nggak jadi beli mengingat akan susah bawanya ke Indonesia. Oya, sempat lihat tas LV dipajang. Saya tanya ke adik saya, "Itu tasnya asli apa nggak?" Kata adik saya, "Kayaknya sih asli ya. Di sini mana ada barang KW." Iya, juga siiih ....

Buat teman-teman yang sedang berkunjung ke Jerman, ada sedikit tips bila ingin main ke Flohmarkt.

  • Pakaialah pakaian yang nyaman sesuai musim karena flohmarkt ini digelar di luar ruangan.
  • Tentukan barang yang ingin dibeli sebelum berangkat supaya lebih fokus mencari barang tersebut.
  • Tawarlah barang, siapa tahu penjualnya berbaik hati menurunkan harga.
  • Jangan langsung membeli di perhentian pertama, terkadang barang yang sama dijual oleh penjual lain.
Nah, sudah siap belanja di flohmarkt? [Fita Chakra]





3 comments :

  1. Siap banget belanja di flohmarkt mbak, tp gimana cara ke Jermannya? hehehehe. Sekarang aku sudah mule gal. kalap lg urusan barang diskon, ada perlu yg banget... jd pingin nabung... hehehehe, tp gak. nolak klo pas ada barang yg pasti dipakai pas banget diskon ya, dibeli lah

    ReplyDelete
  2. Aku juga seneeeng kalau belanja di tempat kayak begini. Seru pisaaan :)

    ReplyDelete