Thursday, October 23, 2014

[Review] Cinta Mami untuk Ubii

Apa kondisi Ubii akan membuat cinta Mami berkurang? NO! Apa gangguan pendengaran Ubii akan membuat Mami malu? NO! Apa kondisi kesehatan Ubii akan membuat Mami berandai-andai mempunyai ansk yang 100% sehat? NO!
Ubii lihat, kan? Mami terlalu cinta sama Ubii. Nggak akan ada sesuatu yang bisa mengubah itu.



Kutipan dari buku Letters to Aubrey (halaman 43) yang ditulis oleh Mak Ges, demikian panggilan akrab Grace Melia ini mungkin cukup menggambarkan betapa besar cintanya pada Ubii. Cinta Ges pada Ubii adalah cinta seorang ibu pada anaknya. Tulus dan tak terhingga.

Sejak lahir Ges sudah merasakan ada yang berbeda dari Ubii. Ubii, panggilan sayang Aubrey Naiym Kayacita tidak langsung menangis saat melihat dunia. Ubii juga susah bernapas. Tak hanya itu, suara bising di jantung Ubii menandakan ada sesuatu dalam tubuh Ubii.

Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, Ubii dinyatakan terkena profound hearing loss yang menyebabkan dia tak bereaksi terhadap suara. Penyebabnya adalah Ubii terinfeksi virus rubella semasa dalam kandungan. Oleh karena itu, Ubii mesti menjalani berbagai terapi untuk menstimulasi kemampuannya. Selain terapi, Ges juga aktif membuat permainan agar Ubii tetap aktif.

Ges dan Adit, suaminya mengalami masa sedih dan menyenangkan dalam mengasuh Ubii. Sedih ketika Ges harus menerima perlakuan tidak menyenangkan dari orang lain ketika melihat kondisi Ubii yang tidak seperti anak-anak seusianya. Seperti yang dikatakannya di halaman 134.

Jadi, ini yang dimaksud Tante Dion, “Sebenarnya, bukan anaknya yang harus dikuatkan, tetapi orangtuanya, terutama ibunya.”
You know what, Ubii? Ternyata melakukan itu semua tak mudah.

Namun ketika pelan-pelan Ubii mulai menunjukkan kemajuan yang berarti, tentu saja Ges merasa sangat senang. Ges mencatat berbagai hal yang bisa dilakukan oleh Ubii, seperti ketika Ubii mulai kuat duduk lebih lama, ketika Ubii tidak rewel diminumi obat, dan ketika Ubii sangat kooperatif menjalani syuting. Bagi Ges, sedikit kemajuan saja membuat dunianya berwarna.

Tak mudah bagi Ges dan Adit untuk melaluinya. Namun, Ubii memberikan banyak pengalaman berharga buat mereka. Berkat Ubii, mereka belajar mandiri. Berkat Ubii mereka belajar bersyukur. Berkat Ubii, mereka menjadi lebih kuat. Tak hanya itu, Ubii pulalah yang membuat Ges berani memulai langkahnya membuat sebuah komunitas bernama Rumah Ramah Rubella. Di dalam komunitas itu, Ges mengajak semua orangtua yang memiliki anak dengan congenital rubella syndrome seperti Ubii, dan juga anak-anak berkebutuhan khusus lainnya untuk saling berbagi.

Membaca buku ini seperti mendengar penuturan dari mulut Ges. Buku yang berasal dari postingan blog yang khusus dibuat untuk menuliskan perkembangan Ubii dari waktu ke waktu ini terasa apa adanya. Ges mengungkapkan semua ekspresinya dalam kalimat yang pas, tidak berlebihan ataupun sebaliknya, kurang ekspresif. Jujur, mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkannya. Ges juga menunjukkan bahwa dia pun hanya manusia biasa yang terkadang merasa bingung dan tak berdaya. Namun, kekuatan Ges adalah dia mau bangkit dan kembali bersemangat demi putri tercintanya.

Salah satu bagian yang menyentuh yaitu pada ending buku ketika Adit, ikut menuliskan perasaannya untuk Ubii. Walaupun tidak selalu bersama Ubii, di dalam surat tersebut terasa sekali betapa cinta Adit pada Ubii sangat besar. Ubii-lah semangat Adit untuk berubah menjadi lebih baik.

Rasanya, buku yang dituturkan dengan apik ini akan lebih menarik jika disertai satu bab khusus berisi tips untuk pembaca. Dengan demikian, pembaca akan tahu bagaimana harus bersikap jika memiliki anak seperti Ubii. Sayangnya pula, di dalam buku ini ada beberapa bagian tulisan yang besar fontnya tidak seragam. Mungkin, ini bisa menjadi perhatian untuk diperbaiki jika kelak buku ini cetak ulang.

Namun, secara keseluruhan, buku ini enak dibaca dan bisa menjadi rekomendasi. Yang tak kalah penting, buku ini menggambarkan cinta Mami untuk Ubii. Tetap semangat ya Ges, Adit dan Ubii!

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Review #LetterstoAubrey

Infonya ada di sini




23 comments :

  1. Wow bukunya sangat menginspirasi ya mak, ngga hanya untuk orang tua seperti mak ges tapi juga untuk para ibu pada umumnya. Nice review mak ^^.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak nggak berhenti baca sampai akhir. :) Makasih sudah mampir ya.

      Delete
  2. Pas Adit bacain penggalan suratnya langsung makin mrinding

    ReplyDelete
  3. review yang bagus... jadi penasaran untuk baca bukunya

    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, Mbak. Moga bermanfaat ya reviewnya :)

      Delete
  4. recomended ya mbak... utk smua orang tua, bukan hanya utk orang tua dgn anak seperti ubii saja...

    ReplyDelete
  5. Mak Grace ini emang hebaaat banget, semangat dan cintanya buat Ubii bikin terharu banget :')
    Udah gitu, masih semangat buat berbagi pengetahuan tentang penyakit Rubella yang pastinya membantu banget buat keluarga yang mengalami hal serupa..

    Reviewnya bagus juga mak, ngalir dan enak dibaca..
    semoga menang yaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Belajar banyak dari Mami Ubii ini. Makasih ya, Mak :)

      Delete
  6. cinta mami pada ubi :* :")
    orang tua yang hebat dengan anak hebat :")
    jadi termotivasi yo mak

    ReplyDelete
  7. makkkk iyaaaaaaaaaaaaaaaaaaa headernya tak liat2 kayak mak mira xD *lost pokusss

    ReplyDelete
  8. good luck ya mbak fita. aku belum baca bukunya

    ReplyDelete
  9. Thank you Kak Fita atas partisipasinya dalam Lomba Review #LetterstoAubrey :))

    ReplyDelete
  10. Saya belum baca buku Mak Ges ini, baca beberapa review dari beberapa teman juga jadi makin penasaran.

    Sukses untuk GA nya ya Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Bagus, Mak. Nggak kerasa bacanya sampai selesai hehehe

      Delete
  11. setuju mak... tulisannya pas, mengalir apa adanya :)

    ReplyDelete
  12. Penting sekali membuka mata anak-anak kita. Bahwa ada anak yang cara belajarnya berbeda. Sehingga mereka memahami dan berempati. Bukunya mama Ubii ini tentu menolong ibu lain untuk mengetahui dunia istimewa tersebut.

    ReplyDelete