Friday, October 19, 2012

Bercerita dan Belajar Menulis Bersama Rumah Baca Kreasi

Rabu, 17 Oktober 2012, saya meluncur ke Rumah Baca Kreasi di Cilodong. Perjalanan dari rumah saya sekitar 45 menit. Saya mengajak Keisya karena dia memang ingin ikut. Saya pikir tidak salahnya dia ikut karena di rumah Mbak Luluk, pemilik Rumah Baca Kreasi nanti dia akan bertemu teman-teman sebayanya.

Sampai di tempat mendung gelap. Saya sempat khawatir anak-anak Rumah Baca Kreasi tidak datang. Tapi saat saya sampai, mereka berjalan beriringan tampak dari kejauhan. Kami pun berkenalan. Hari itu, datang empat orang anak. 


Mendengarkan cerita
Acara hari itu saya buka dengan membacakan cerita. Saya membawa buku karya Beatrix Potter berjudul "Kisah Peter Kelinci". Sengaja, saya membacakannya tanpa alat peraga boneka atau gaya yang macam-macam. Itu karena saya ingin tahu sejauh mana mereka memerhatikan dan mengerti cerita yang saya bacakan. 


Lucu-lucu komentarnya, jadi geli :))
Di akhir cerita, saya minta mereka menarasikan cerita yang sudah mereka dengar. Saya tanyakan pada mereka hal-hal yang berkaitan dengan cerita itu. Misalnya, ada berapa tokohnya; siapa nama tokoh-tokoh di cerita itu; apa yang mereka lakukan; apa yang menarik dari cerita itu, dan seterusnya. Sesekali mereka diam mengingat cerita itu, sesekali mereka berebut menjawab.

Setelah menarasikan di dalam tulisan, saya membacanya satu persatu. Ada satu tulisan yang paling runut, yaitu milik Desy. Sebagai apresiasi, saya memberikan sebuah buku berjudul "Dingo dan Telur Emas Naga Raksasa" karya saya. Saya berpesan, nanti jika saya datang lagi Desy bisa menceritakan isi buku itu pada teman-temannya.


Bareng anak-anak Rumcasi
Belajar menulis dialog
Berikutnya, kami bermain-main. Saya minta mereka menceritakan cita-citanya dan kegiatannya, juga hobinya. Meski malu-malu, mereka mau juga bicara tentang cita-cita. Senang sekali melihat mereka mau berpartisipasi.


Desy, yang berhasil mendapatkan hadiah dari saya
Menjelang pukul 16.30, saya pamit pulang. Saya berharap, sesedikit apapun yang saya sampaikan akan bermanfaat untuk mereka. Insya Allah, bulan depan saya datang lagi dengan materi baru. Tetap semangat ya, Adik-adik. :) Dan terima kasih untuk Mbak Lulu, atas kesempatannya untuk berbagi bersama Rumah Baca Kreasi.

Dokumentasi : Rumah Baca Kreasi
Link postingan di Rumah Baca Kreasi :http://cerita-def.blogspot.com/2012/10/story-telling-oleh-kak-fitria-cakrawati.html





2 comments :