Thursday, September 28, 2017

Ngobrol Tentang Novel Bersama Ade Anita

Bismillahirrohmanirrohim ....

Sering saya merasa, pengetahuan tentang menulis novel masih segitu-segitu saja. Jadi nggak ada salahnya dong, saya berguru pada orang lain. Iya sih, saya sudah pernah nulis novel. Tapi itu sudah lama sekali, sekarang pingin belajar lagi supaya bisa nulis novel yang lebih bagus.

Singkat cerita, akhirnya saya kontak Mbak Ade Anita untuk ngobrol-ngobrol cantil soal novel. Yang saya tahu, Mbak Ade sudah pernah menulis beberapa novel. Pastinya ada yang bisa dibagikan untuk saya. Jadi saya bikin wawancara, dan ini pertanyaan dan jawabannya. 


Q:
Selain ide, apa yang mesti disiapkan sebelum nulis novel? Perlu nggak bikin kerangka? 

A:
Kalau aku, cari karakternya dulu. Biar bisa ngebayangin kalau lagi cemberut, marah, nangis dan lain-lain. Biasanya aku googling artis dan ngumpulin fotonya supaya bisa data feel-nya. Habis itu aku cari nama tokoh, tulis namanya, posisinya, dan karakterya. Setelah itu baru nulis kerangka. Kerangkanya nggak kaku juga sih, garis besarnya saja.

Hmm, prinsipnya sama sih dengan yang saya kerjakan selama ini. Hanya saja, saya membuat mindmap sebagai pengganti kerangka.

Q:
Menurut Mbak Ade, novel seperti ada yang disukai oleh remaja? Bagaimana cara kita (sebagai penulis), bisa menulis novel yang disukai merken?

A:
Nggak tahu. Aku nulis suka-suka soalnya hahaha.

Baiklah, saya sih juga begitu hihi. Memang menulis dari hati paling enak ya, Mbak. Tos!

Q:
Aku merasa kurang bisa menulis novel karena butuh konsistensi. Kira-kira, bisa nggak penulis "napas pendek" menulis novel? Bagi tipsnya dong.

A:
Bisa banget. Caranya nulis kumpulan cerita pendek yang sambung menyambung. Ada banyak kok novel yang menulis dengan cara ini. Aku pikir, ini bisa dipakai oleh mereka yang tidak terbiasa menulis novel. Intinya tiap episode berdiri sendiri. Tetapi ketika kita baca maraton, kita tahu bahwa itu sebuah cerita panjang. Ya seperti begitulah.

Sepertinya ini ide yang bagus yang bisa saya coba. Makasih tipsnya ya, Mbak!

Q: 
Siapa penulis favorit Mbak Ade? Jelaskan alasan kenapa Mbak mengidolakannya.

A:
Aku suka semua penulis genre metropop dan mengambil tagline "I am single, but I am happy". Kenapa? Karena mereka menulis kisah yang bikin senyum tapi bukan karena komedi yang dipaksakan. Hidup juga terasa nggak ribet. Intinya, aku suka buku yang menularkan aura optimis, happy, dan semangat. Hidup itu indah. Bahagia itu sederhana. Penulis kesukaanku, Sophie Kissela, Alea Zalea dan Raditya Dika.

Sepertinya, kita beda selera, Mbak hehehe. Biar begitu saya juga baca kok beberapa novel dari penulis yang Mbak Ade sebutkan dan karya mereka baguuus.

Q:
Menurut Mbak Ade, perlu nggak novelis punya spesialisasi? Kalau Mbak Ade sendiri termasuk penulis yang suka nulis novel seperti apa?

A:
Menurutku pribadi: nggak perlu. Karena menulis itu proses kreatif. Ketika proses kreatif dipagari yang terjadi justru kreatifitas yang mati dan terkukung. Semua orang pastilah akan menemui titik jenuh jika dihadapkan pada sesuatu yang sama. Bahkan meski dia amat menyukainya sekalipun. Jadi, variasilah. Coba semua, lalu fokus. Jika sudah mulai sulit fokus, beralih ke yang lain sejenak agar kelak bisa kembali mengerjakan yang kita sukai tersebut.

Siplah. Makasih banyak buat nögobrol-ngobrolnya ya, Mbak Ade. Insya Allah bermanfaat.




No comments :

Post a Comment