Friday, August 11, 2017

Heidelberg, Kota Kecil di Tepian Sungai Neckar

Bismillahirrohmanirrohim.

Allah Yang Maha Baik memberikan jalan ke kota kecil bernama Heidelberg ini melalui adik saya. Alhamdulillah, adik saya dan keluarga kecilnya digerĂ­ kesempatan tinggal di Heidelberg untuk melanjutkan studi. Sejak pertama kali datang, saya sudan jatuh cinta pada kota ini. Heidelberg bukan kota yang hiruk pikuk, namun sebaliknya. Tenang dan lumayan sunyi. Suasana inilah yang saya sukai.

Salah satu pemandangan yang tak pernah bosan saya lihat selama berada di sana adalah Sungai Neckar. Di sepanjang tepi Sungai Neckar terdapat banyak rumah-rumah tua berjajar. Jajaran rumah-rumah berdesain khas Eropa itu merupakan obyek foto yang menarik bagi wisatawan. Asyiknya lagi, saat musim panas, kita bisa lho menaiki perahu di sungai tersebut.



Tidak tanya itu, ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi jika teman-teman berkunjung ke Heidelberg. Berikut ini saya bagikan beberapa tempat yang saya kunjungi.

Schloss Heidelberg
Kastil yang satu ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi. Letaknya di atas bukit. Ada dua pilihan untuk menuju ke kastil, berjalan kaki atau menaiki kereta. Kami memilih naik kereta (yang disebut funicular railway), karena nggak mau gempor jalan kaki. Kereta akan berhenti di beberapa tempat. Puncaknya adalah Konigstul. Menurut adik saya, Konigstul artinya singgasana raja.


Harga tiket masuk ke Schloss Heidelberg sebesar 7 Euro per orang. Dengan membayar tiket itu, kita bisa masuk ke Museum Apoteker dan naik funicular railway. Naik funicular railway ini lumayan ngeri buat orang yang takut ketinggian. Tapi begitu sampai atas, subhanallah.... pemandangannya indah banget!

Nah, karena dulu saya sudan pernah masuk ke dalam kastil dan museumnya, kali ini kami jalan-jalan saja keliling taman. 


Aldstadt
Aldstadt adalah nama lain dari kota tua. Letaknya masih dekat dengan Schloss Heidelberg. Seperti halnya tempat wisata lainnya, di Aldstadt, banyak toko-toko souvenir dan tempat makan. Anak-anak sempat jajan es krim dan crepes cokelat disitu. 




Salah satu spot foto yang bagus yaitu Altebrucke. Altebrucke adalah jembatan yang menghubungkan dua sisi Sungai Neckar. Jika ada waktu, teman-teman data mengunjungi Penjara Mahasiswa atau Studentenkarzer. Kabarnya, penjara ini digunakan untuk menghukum mahasiswa yang melanggar peraturan. Fungsi penjara ini tidak mengerikan seperti namanya kok. Mahasiswa yang dihukum masih diperbolehkan mengikuti pelajaran. Hanya saja, mereka harus berada di tempat tersebut pada waktu yang ditentukan.


Schwetzingen Palace
Letak Schwetzingen Palace tidak jauh dari Heidelberg. Keistimewaan istana ini adalah tamannya yang luas dan indah. Saking luasnya, bisa-bisa seharian penuh untuk menjelajah semua sisinya. Yang menarik lagi, terdapat mesjid di salah satu sudut taman. 


Harga tiket masuk Schwetzingen Palace untuk dewasa 10 Euro. Kita bisa pakai tiket family seharga 25 Euro jika datang bersama keluarga. Lumayan ngirit kan.

Selain tiga tempat di atas, mangan lewatkan pula jalan-jalan di pertokoan. Kebanyakan penduduk yang tinggal di sini berstatus mahasiswa pendatang, tetapi banyak pula warga asli yang sudah berumur. Seperti yang saya katakan di awal, insya Allah tidak menyesal main ke Heidelberg karena kotanya sangat nyaman. [Fita Chakra]





2 comments :

  1. Mbk,apa kabar?semoga sehat selalu...
    senang banget bisa jalan2 ke kota yang indah,adem banget rasanya lihat rumah di pinggir sungai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, sehat, Mbak. Makasih sudah mampir ke sini :)

      Delete