Sunday, December 28, 2014

Jejak Langkah 2014

Tulisan ini sekadar untuk mencatat rekam jejak saya. Mudah-mudahan bisa membuat saya semakin bersemangat, sekaligus menularkan semangat untuk orang lain. Walau ada sedikit masalah di tulang belakang (hingga sekarang saya masih menjalani terapi), saya tetap bersyukur bisa menjalani hari-hari dengan baik.

Januari
Rainy's Days, novel remaja pertama saya terbit. Rada-rada nggak percaya sih sebenarnya karena menulis novel untuk segmen remaja masih dalam tahap trial. Alhamdulillah, novel ini meraih Juara 1 dalam Lomba Novel Bluestroberi yang diadakan Penerbit Ice Cube.
Di bulan ini, Allah mengabulkan doa saya untuk pergi umroh bersama suami. Alhamdulillah, bahagia rasanya.

Rainy's Days

Februari
Rasanya nggak banyak yang saya kerjakan di bulan ini. Hanya menyelesaikan naskah-naskah pendek.

Maret
Bulan ini mengajar ibu-ibu di kompleks perumahan saya secara online. Temanya menulis kisah inspiratif. Kami belajar tiap Jumat malam. Kelas ini free, lho. Sayangnya, banyak yang bersemangat di awal saja. Mudah-mudahan lain kali tetap semangat sampai akhir.
Selain itu, saya juga diminta Mbak Pradikha Bestari, editor saya di Penerbit Kiddo untuk memberikan materi seputar menulis cerita misteri di Gedung Kompas Gramedia. Kebetulan, kantor mereka dikunjungi oleh anak-anak dari sebuah sekolah.

April
Di bulan kelahiran saya, saya memenangkan Lomba Blog #Sembuhkan TB Seri Pertama. Lumayan dapat uang 500 ribu hehe. Alhamdulillah.
Saat Kuku Tak Berkokok dimuat di rubrik Nusantara Bertutur, Kompas. Rubrik ini merupakan rubrik baru yang berisi cerita-cerita nusantara.
Misteri Taman Berhantu yang saya tulis terbit juga. Senangnya menulis untuk penerbit di grup Kompas Gramedia adalah penulis mendapatkan DP, lho.

Misteri Taman Berhantu
Yang bikin saya girang, novel anak Misteri Lorong Bawah Tanah cetak ulang! Cetak pertama Juni 2013, cetak ulang Februari 2014. Belum ada setahun. Saya mendapatkan bukti terbitnya di bulan April.
Bulan ini, saya mendapatkan pengalaman baru, yaitu mengajar di Kelas Inspirasi. Tim saya mengajar di SD Paseban 02. Selain pengalaman mengajar yang tak terlupakan, saya juga mendapatkan teman-teman yang mengagumkan.

Mei
Buku yang terbit di bulan ini adalah How to Make a Baby, Mom? (antologi) dan Super Handbook for Superteen.

Covernya unik ya :)

Saya mendapatkan kepercayaan untuk mengajar kelas online Woman Scripts. Biarpun pesertanya nggak banyak, alhamdulillah pada semangat.
Bagaimana dengan kompteisi blog? Alhamdulillah, dapat hadiah dari Live Olive #FundMyGoal, Female Sensasi Silver, dan Lomba Blog yang diadakan Museum Nasional.
Bulan ini saya mendapatkan e-mail dari seorang editor untuk membantunya menuliskan kisah seorang public figur. Siapakah dia? Tunggu tanggal mainnya. Yang jelas, saya belajar banyak.

Juni
Saya dan Keisya mendapatkan kesempatan sharing tentang menulis di SD Penabur Serpong. Kesempatan ini sekaligus untuk mempromosikan buku saya, Misteri Taman Berhantu.
Saat berlibur ke Semarang, saya membuka Holiday Writing Class untuk anak-anak. Pesertanya nggak banyak, kok. Cuma sekitar 10 orang. Tapi saya senang luar biasa. Sebelum kembali ke Depok, sempat memenuhi undangan seorang teman untuk sharing di Pesantren Ulul Abshor, Banyumanik.
Sebuah tulisan travelling saya dimuat di Pikiran Rakyat. Judulnya, Keliling Bangkok, Naik Apa Saja Bisa.

Juli
Banyakan jalan-jalan di bulan ini. Sesekali meneruskan menulis untuk beberapa penerbit yang memberikan kepercayaan pada saya.

Agustus
Kembali ke Semarang setelah lebaran. Saya dan Keisya mengisi acara di SD H. Isriati. Temanya masih seputar menulis cerita anak.
Bulan ini saya meraih Juara 2 Lomba Blog #SembuhkanTB. Alhamdulillah, dapat tab.
Buku baru saya terbit. Judulnya, Uang Sakuku Sayang, isinya tentang cara mengelola uang saku. Menyusul kemudian buku berjudul Aldi, Dokter Kecil yang diterbitkan penerbit yang sama Tiga Serangkai.

Berisi tips mengelola uang saku untuk anak-anak

Panduan P3K untuk anak-anak


September
Semua judul dari Seri Karakter terbitan Bestari Kids terbit. Ada lima judul buku yang saya tulis.
Mendapatkan hadiah dari Lomba Menulis Cerita Anak untuk Guru dan Pustakawan yang diadakan oleh Perpustakaan Nasional. Alhamdulillah juara ke-2.







Oktober
Menemani Keisya yang diundang ke SD Harapan Bangsa Modernhills untuk berbagi. Bulan ini dalam rangka Bulan Bahasa, saya memenuhi undangan SD Putra 1 Kalimalang mengisi workshop menulis. Oya, saya juga diminta menjadi juri Lomba Cerpen di sekolah tempat saya mengajar. Yang mengesankan, salah satu dari pemenang lomba cerpen yang saya pilih ternyata tuna rungu!
Salah seorang teman, mengenalkan saya pada seseorang yang bergerak di bidang business coaching. Kesempatan untuk menjajal hal baru terbuka. Sayangnya, setelah beberapa kali mencoba, rasanya kerjasama ini berat untuk berlanjut. :( Saya ikhlas melepaskannya, yakin Allah akan memberikan rezeki melalui pintu yang lain.

November
Menyelesaikan beberapa pekerjaan yang tersisa di sekolah menjelang libur semester. Ada satu naskah nonfiksi anak dan 2 pictbook yang saya selesaikan di bulan ini 
Kesibukan lain, mengurus persiapan liburan yang tak terduga. Ceritanya akan saya posting terpisah.

Desember
Masih menyelesaikan beberapa pekerjaan, termasuk finishing memoar yang rencananya diterbitkan awal tahun. Di bulan ini, naskah tentang nifas yang saya tulis bersama Bapak akhirnya terbit. Yeay!

Sumber dari FB Tiga Serangkai

Alhamdulillah, tahun 2014 ini ada 12 naskah buku yang terbit (11 naskah saya plus 1 naskah antologi yang sudah lama sekali ditulis bersama teman-teman penulis). Jumlah ini lebih dari yang saya perkirakan dan saya sangat bersyukur untuk itu. Jika orang melihat saya ngoyo bekerja, tidak demikian yang saya rasakan. Saya sendiri merasa senang-senang saya menulis. Sama sekali tidak terbebani, karena saya memang suka melakukannya. I have great time.

Naskah yang sudah saya garap untuk tahun depan ada 4 yaitu 2 pictbook, 1 nonfiksi anak, dan 1 memoar. Mohon doanya semoga naskah-naskah tersebut terbit tepat waktu. Tepat di awal tahun, saya berencana me-recharge energi menulis dengan melakukan jalan-jalan (yang sebenarnya tak saya duga sebelumnya). We'll see on January. :)

Bagaimana dengan kegagalan? Tentu saja ada. Beberapa target seperti ingin lebih banyak mendatangi event blogger, terlewat. Itu terjadi karena saya mesti membuat skala prioritas. Jadwal terapi, kegiatan anak-anak, mengajar dan janji pada editor membuat saya harus memilih.

Nobody perfect. Terpuruk sebentar boleh saja. Menyesal pun tak dilarang. Tapi saya memilih berpikir optimis. Tahun depan, saya hanya ingin melakukan yang terbaik. Ada beberapa kesempatan untuk berbagi yang sudah ditawarkan pada saya. Mudah-mudahan semua berjalan sesuai rencana. 





33 comments :

  1. Replies
    1. Kebanyakan naskah yang ditulis tahun lalu kok, Mak. Bukan tahun ini saja nulisnya hehe

      Delete
  2. wow,keren banget maakkk.....selamat ya,semoga tahun depan lebih banyak lagi bukunya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya, Mak. Aamiin. Demikian juga ngeblogku semoga lebih rajin hihi

      Delete
  3. Whuaaa sangat produktif dan menginspirasi..... barokalloh :)

    ReplyDelete
  4. Wah, kereeeen mbak Fita. bisa nih ditiru ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Dhonna. Ini sih masih kalah jauh sama suhu-suhu macam Mbak Dian :))

      Delete
  5. Replies
    1. Mak Ririn, tahun ini ngeblognya yang dikalahin kayaknya. Kalau lihat jumlah postinganku, nggak seberapa dibandingkan tahun lalu hehe

      Delete
  6. Replies
    1. Saya sendiri nggak nyangka, Mbak :) Makasih kunjungannya ya.

      Delete
  7. waaaaaaaaaaaaah keren abix, gimana2 cara bagi waktunya mbk? bukunya terbit terus, jemppppol deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi waktunya ala emak-emak IRT lainnya :) Gedabrukan tiap pagi hehehe. Becanda, Mbak. Aku rutin nulis sehari 2-3 jam saja. Sabtu-Minggu libur. Biasanya sebelum subuh. Itu saja.

      Delete
  8. waaahhh produktif sekaliii maaakkk. Bener kata suami saya, kalau mau sukses, fokus, buat skala prioritas. Dirimu berhasil membuatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena tahun ini "menggeser" sedikit ngeblognya, Mbak hehehe. Saya juga nggak banyak kirim tulisan ke media tahun ini.

      Delete
  9. kuereeeeeen makkk/.....aku juga mau bikin ini versi aku xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, pastinya banyak nongol foto hadiah lomba yang bikin ngences, Chaaa... Tetap semangat ya :)

      Delete
  10. Dengan 3 org anak dan kondisi fisik yg hrs diterapi, Fita keren banget produktifitasnya (y)

    Salut uni (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uni, Fita terbantu banget dengan support system di rumah. Ada Mbak ART yang sudah hampir 3 tahun ini menginap. Walau menginap nggak full juga sih kerjanya, karena dia juga sekolah. Selain itu, si kembar kan sudah sekolah, jadi ada saatnya mereka beberapa jam di luar rumah. Yang agak sulit memang ngatur waktu ke luar rumah untuk terapi seminggu 3x (plus anter si kembar terapi 2x seminggu). Dijalani saja, nanti juga berkurang jadwalnya :)

      Delete
  11. Keren mak, kapan ya bisa menjadi penulis seperti dirimu. Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal balik, Mak Sri :) Mudah-mudahan segera menyusul nulis buku, Mak. Aamiin.

      Delete
  12. sethn 12 buku terbit.. wuih keren maak.. semoga nanti lbh banyak lg bukunya terbit.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Mak. Pinginnya secara kualitas meningkat, Mak :)

      Delete
  13. Semoga 2015 lebih banyak lagi buku ya mak

    ReplyDelete
  14. Mak Fita banyak prestasinya, keren. Semoga makin sukses di tahun 2015 ini ya mak :)

    ReplyDelete
  15. Salut banget sama Fita, luar biasa disiplin menulisnya :)

    Yang lebih kagum lagi, jagoan banget switch ke berbagai genre, aku nulis travel writing saja masih megap-megap karena tidak disiplin, ini kamu bisa menulis banyak tema dan usia sekaligus :)

    ReplyDelete