Wednesday, September 11, 2013

[Resensi] Ada Apa di Ladang Jagung?

Judul                   : Misteri Anak Jagung
Penulis                : Wylvera W
Penerbit              : Pelangi Indonesia
Cetakan             : Januari 2013
Jumlah Halaman  : 197 halaman

Sunyi! Mendadak senyap!
Tapi, di luar sana, di ladang jagung, justru sayup-sayup kudengar tangisan
Tangisan anak laki-laki. -Misteri Anak Jagung, halaman 1

Bagi Gantari, ladang jagung di Urbana itu menyimpan misteri. Gantari tahu ada yang tak beres  di sana. Tapi tak mungkin dia mengungkapkannya pada siapapun. Bagaimana mungkin dia bilang seorang anak lelaki terbakar di sana? Bahkan, orang-orang terdekatnya pun takut mendengar perkataannya. Itu karena perkataan Gantari biasanya terjadi. Banyak orang yang menganggapnya aneh. Kecuali Delia, sahabatnya.

Namun, ketika Gantari berkenalan dengan Aldwin, mereka langsung akrab. Aldwin berjanji akan mengenalkannya dengan Robin, sahabatnya. Meski demikian, Gantari merasa ada sesuatu yang disembunyikan oleh Aldwin.

Teka-teki Robin dan anak jagung masih tetap tak terjawab sampai Gantari pulang je jampung halamannya di Medan. Ladang jagung di Medan mengingatkannya pada ladang jagung di Urbana. Apalagi, sang nenek bercerita tentang seorang anak yang disebut-sebut anak dukun. Adakah hububgan antara anak itu dengan si anak dukun yang diceritakan sang nenek?

Cerita tentang anak indigo adakah salah satu favorit saya. Entah mengapa hal-hal semacam ini membuat rasa ingin tahu saya terusik. Kebetulan, saya suka membaca buku-buku psikologi dan pernah sekilas membaca tentang anak-anak spesial ini. Di dalam buku ini, penulis juga menyisipkan pengetahuan tentang anak indigo. Saya jadi paham karakter mereka yang cenderung penyendiri karena seringkali dianggap aneh. Belum lagi kenyataan bahwa mereka kerap susah membedakan mana yang nyata dan mana yang bukan. 

Aldwin dan Gantari merupakan anak-anak indigo. Dari buku ini saya memahami pula bahwa anak-anak ini butuh diakui. Meskipun mereka berbeda, nyatanya mereka butuh teman, dan butuh diakui.

Buat teman-teman yang suka cerita misteri sekaligus ingin tahu tentang istimewanya anak indigo, buku ini merupakan salah satu buku menarik yang bisa dibaca. Kita akan terhanyut oleh cerita yang mendebarkan sampai akhir cerita. Oya, satu hal lagi yang saya suka dari buku ini, penulis mendeskripsikan Urbana dari musim ke musim dengan baik. Saya jadi ikut membayangkan pemandangan di sana, seolah-olah saya melihat sendiri. Moga-moga apa yang saya bayangkan seindah kenyataannya.

Lalu, apa yang terjadi di ladang jagung? Silakan baca akhir cerita yang mengejutkan dalam buku ini. Dengan jeli, penulis menyisipkan ending yang mengesankan.

*Special thanks tuk Mbak Wiwiek, yang sudah mengirimkan buku ini untukku. :) Sukses ya!



2 comments :

  1. jadi ingin beli untuk Sean nih, terima kasih reviewnya mak :)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak ya, Fit. Resensi ini manis sekali. Btw, tentang Urbana? Kapan-kapan kalau ada kesempatan aku akan posting cerita pengalaman selama aku tingal di sana. Daaan... pasti, ladang jagung itu adalah bagian yang tak bisa kulupakan. *_^

    Mak Irma, thanks ya... dijamin Sean suka deh. ;)

    ReplyDelete