Monday, January 2, 2012

Sharing Penulisan Parenting di Semarang

Kebetulan sedang mudik di Semarang, ada tawaran dari teman-teman untuk ketemu di rumah Aan. Mbak Dian Kristiani mengadakan training menulis cerpen. Saya ditodong untuk sharing menulis artikel parenting.

Baiklah, kilas balik sekian tahun yang lalu. Saya mulai menulis untuk Majalah Parenting Indonesia tahun 2007. Alhamdulillah, tulisan pertama saya langsung dimuat. Setelah itu berturut-turut tulisan saya mengisi majalah tersebut. Saya juga pernah menulis artikel non fiksi untuk mereka. Hingga tahun 2010 saya masih setia mengirim tulisan. Ketika tahun 2011 saya memutuskan fokus menulis buku sementara waktu, saya berhenti mengirimkan tulisan saya.


Dulu ada dua rubrik yang bisa diisi penulis dari luar redaksi. Sayangnya sekarang hanya satu yang bisa diisi oleh penulis luar. Jadi, peluang untuk dimuat di sana berkurang.

Tapi, kalau teman-teman mau mengirimkan ke majalah tersebut tak ada salahnya. Itung-itung untuk latihan menulis. Lagipula, tulisannya dekat kok dengan keseharian kita sebagai ibu. :)

Berikut tips menulis di Majalah Parenting Indonesia
1. Beli dan baca majalahnya terlebih dahulu agar tahu format tulisan yang diinginkan mereka.
2. Kirim email ke redakturnya jika ada yang kurang jelas. Biasanya syarat dan alamat email pengiriman sudah ada di dalam majalah.
3. Kirim melalui email tulisan Anda.

Mudah kan? Enaknya jika tulisan dimuat, mereka akan mengirimkan bukti terbit, meski agak lama. Oya, honornya juga lumayan lho. Selamat menulis!

No comments :

Post a Comment