Tuesday, October 25, 2016

Berkunjung ke Among Putro Skyworld TMII

Bismillah, akhirnya mulai ngeblog lagi setelah tiga bulan absen. Mudah-mudahan bisa rutin kembali.

Hai... hai, apa kabar? Kali-kali ada yang pingin tahu, selama tiga bulan ini saya ngapain saja sampai absen ngeblog. Ngg, panjaaang ceritanya. Intinya, saat ini, saya mau fokus untuk urusan sekolahnya anak-anak. Jadi, mau nggak mau, mesti mengurangi kesibukan lain. Btw, saya tetap menulis kok, walaupun kecepatan nulisnya berubah, menjadi kecepatan kura-kura hehe.

Kali ini, saya mau cerita tentang aktivitas weekend kami sekeluarga. Kebetulan, minggu lalu, kami pergi ke TMII, tepatnya ke Among Putro Sky World. Lokasinya berada bersebelahan dengan Taman Legenda. Sudah lama sih sebenernya, pingin ke Sky World ini. Pernah sekali kami kecewa, saat udah sampai sana ternyata tempat ini ditutup untuk umum karena suatu acara. 

Ada apa di tempat ini? 
Awalnya, yang bikin saya penasaran adalah planetariumnya. Apa yang istimewa dibandingkan planetarium TIM yang sudah pernah kami datangi sebelumnya? Jujur saja, planetarium di Sky World ini jauh lebih kecil dibandingkan planetarium TIM. Tapiii... masuknya relatif mudah karena nggak pakai antri. Tiketnya pun terjangkau, yaitu Rp 60.000.

Let's start the story. Saat kami masuk, baru pukul 09.00. Kami masuk melalui sebuah pintu mirip pintu pesawat ruang angkasa. Di belakang pintu itu, langsung terlihat pemandangan luar angkasa beserta tiruan pakaian astronot. Kami sempet foto-foto di situ. 

Setelah foto-foto, kami lanjut ke dalam. Anak-anak mencoba games di komputer. Mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan benda langit. Kelar dari tempat tersebut, kami lanjut ke sebuah ruangan dengan layar besar. Disitulah kami menonton film pendek mengenai terjadinya bumi juga asteroid. Oya, di sekeliling layar tersebut, anak-anak bisa melihat berbagai info tentang benda-benda langit. 


Tepat pukul 09.15, planetarium dibuka. Kami segera masuk. Ruangannya kecil dan bergema. Mungkin kapasitasnya hanya sekitar 50 orang. Pengunjung dipersilakan duduk sambil menanti pemandu. Tak lama, pemandu menjelaskan tentang planet-planet, langit, serta rasi bintang. Buat saya yang suka perbintangan, ini jelas menarik. Penjelasan dari pemandu, jelas dan menambah pengetahuan. Buat yang nggak suka, mungkin bisa ketiduran hahaha karena suasananya yang dingin dan gelap, memang bikin ngantuk.

Kegiatan di dalam planetarium berlangsung selama setengah jam. Setelah itu, kami keluar untuk melihat-lihat bagian lain. Ada replika roket dari berbagai negara, ada baju astronot yang bisa dicoba (btw, Kiera sempat berkomentar, kenapa pakai baju astronot doang? Kenapa nggak ada helmnya? Nanti nggak bisa bernapas dong hehehe).

Kelar? Belum. Di bagian terakhir, kami masuk ke dalam ruangan 5D. Yang ini konsepnya ternyata bukan petualangan luar angkasa seperti yang saya harapkan. Tetapi, petualangan dengan kereta. Kami duduk menghadap layar, sambil mengenakan kacamata yang dipinjamkan oleh petugas. Jangan lupa mengaitkan sabuk pengaman ya. Yang bikin seru adalah sensasi perjalanan melalui berbagai rintangan sembari disemprot angin hehe.



Nah, sebelum berkunjung ke sana, saya ada sedikit tips untuk teman-teman nih.
  • Kenakan pakaian yang nyaman supaya bebas bergerak.
  • Saat akan masuk, cek dulu jadwal pertunjukan planetarium. Pertunjukan berlangsung selama setengah jam. Pertunjukan paling awal dimulai pukul 09.15.
  • Jika ingin membawa grup besar, bagilah menjadi beberapa grup kecil saat akan masuk ke dalam planetarium. Sementara salah satu grup masuk, yang lainnya bisa menunggu sambil melakukan kegiatan lain.
  • Di luar ruangan, ada fasilitas playground berupa climbing wall, kolam dan trampolin. Kolamnya tidak terlalu dalam, sekitar 50 cm kedalamannya. Jika ingin main basah-basahan, siapkan baju ganti. 
  • Untuk kegiatan sekolah atau rombongan, lebih baik hubungi dulu sebelumnya untuk memastikan pada saat tanggal kunjungan tempat tersebut available. 
Tertarik berkunjung ke sini? Yuk, rencanakan segera. [Fita Chakra]




7 comments :

  1. Ih Lucu menggunakan baju astronot

    ReplyDelete
  2. sky world, saya merasa lawannya sea world. Satu di atas, satu dibawah. Sama2 menarik, sama-sama menakjubkan. Pengen nyoba baju astronotnya

    ReplyDelete
  3. Di taman pintar juga ada planetariumnya tp kayaknya bagusan di sini ya

    ReplyDelete
  4. Ini wahana baru ya, Mbak. Aku ajak Faiz ke sini gak mau, malah pilih petualangan Dinosaurus saja ;(

    ReplyDelete
  5. seneng banget kalau bisa traveling bareng keluarga. kebahagiaannya nambah
    salam kenal mba

    ReplyDelete
  6. Saya baru tau tentang Skyworld. Kayaknya boleh juga nih ajak anak-anak ke sini :)

    ReplyDelete