Thursday, April 19, 2012

(Workshop) Minggu yang Menakjubkan Bersama Anak-anak Panti Asuhan


Minggu, 15 April 2012 menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan bagi saya. Hari itu saya dan Ratih Soe mewakili GKA (Galeri Kelas Ajaib) mengawal pelatihan menulis untuk anak-anak di Panti Asuhan Muslimin. Pelatihan yang diprakarsai oleh kampus PPM Manajeman ini sudah berjalan lima pekan dengan trainer berganti setiap pekan. 

Hari itu saya sengaja mengenakan high heels seperti yang disarankan oleh seminar pembicara public speaking yang pernah saya ikuti. Sebenarnya, sehari-hari saya lebih nyaman mengenakan sepatu tanpa hak. Tapi ternyata benar yang dikatakan pembicara public speaking itu, mengenakan high heels bisa mendorong rasa percaya diri, selain membuat tubuh saya yang mungil jadi terlihat lebih tinggi tentunya hehehe
Baru mulai beberapa saat, kami kedatangan tamu. Kak Seto Mulyadi datang mengunjungi sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan ini. Nggak mau menyiakan kesempatan, kami berbincang sejenak. Beliau berharap lain waktu trainer dari GKA mau memberikan pelatihan serupa untuk komunitas yang dibimbingnya.


Di pekan kelima ini, saya dan Ratih memberikan materi “Menarik dari Awal Hingga Akhir”. Isi materi berkisar tentang cara menyajikan awal, tengah, dan akhir cerita yang memukau pembaca. Sebelumnya mereka sudah membuat cerita dibimbing dengan trainer yang lainnya. Hari itu, kami memberikan materi agar mereka memperbaiki cerpen mereka dari awal hingga akhir. Caranya, kami jelaskan mengenai awal cerpen yang menarik. Lalu mereka memperbaiki. Setelah selesai kami menunjuk secara acak agar mereka membacakannya. Bagi mereka yang bisa membuat awal cerpen yang menarik menurut kami, kami berikan hadiah buku. Demikian seterusnya hingga akhir cerita.

Yang menarik, di bagian akhir cerita kami sempat kesulitan menentukan peserta yang berhak mendapatkan buku. Itu karena akhir cerita yang mereka membuat kami takjub. Akhirnya setelah berunding kami memberikan juga dua buah buku sebagai hadiah.
Satu hal yang berkesan bagi saya. Anak-anak itu sangat unik. Ada yang dari pekan-pekan sebelumnya hanya mengutak-atik satu cerpen hingga puas. Tetapi ada yang setiap kali diminta membuat cerpen dia menulis lebih dari satu cerpen.

Selalu ada saat pertama yang berkesan. Bagi saya, minggu kemarin merupakan hari minggu yang menakjubkan karena itulah kali pertama saya berbagi ilmu bersama anak-anak panti asuhan yang luar biasa. Alhamdulillah, senangnya berbagi.

1 comment :