Wednesday, September 19, 2018

Berwisata Air di Karimunjawa

Bismillah.

Hai, teman-teman. Beberapa waktu lalu, saya dan keluarga berkesempatan jalan-jalan ke Karimunjawa. Sudah lama kami merencanakan trip ini karena kebetulan, Bapak saya sudah sering ke pulau ini. Namun karena kesibukan, akhirnya baru terlaksana sekarang. Kebetulan pula cuaca sedang bagus, sehingga keraguan yang muncul karena khawatir dengan perjalanan di laut menjadi berkurang.

Jauh hari, sebelum lebaran saya sudah memesan tiket kapal ekspres dari Jepara ke Karimunjawa. Sebenarnya, lebih mudah buat kami jika berangkat dari Semarang. Tapi berhubung jadwal kapal lebih banyak yang berangkat dari Jepara, maka kami pilih berangkat dari Jepara. Pertimbangan lain, perjalanan laut melalui Jepara lebih singkat dibandingkan dari Semarang.

Sehari sebelum keberangkatan, kami berangkat ke Jepara. Tak tanggung-tanggung, rombongan kami terdiri dari 16 orang! Hehe, banyak ya. Kami menginap semalam di sebuah hotel di Jepara. Pukul 08.00 esok harinya, kami sudah tiba di Pantai Kartini, menunggu kapal berangkat pukul 09.00. Pukul 08.00 lewat sedikit, kami sudah diperbolehkan masuk ke dalam kapal. Sambil menunggu, saya minumkan antimo pada anak-anak (dan saya!). Terus terang, rada khawatir kalau sampai mual dan muntah di kapal. Saya sudah siapkan kantong plastik, tisu basah dan minum untuk jaga-jaga.

Alhamdulillah, kekhawatiran saya tidak terjadi. Anak-anak nyaman saja selama perjalanan selama 2, 5 jam, walaupun hampir separuh penumpang di dalam kapal pada muntah. Kata Bapak, ombaknya tergolong kecil lho, padahal. Singkat cerita, sampailah kami di Karimunjawa. Langsung diangkut oleh mobil sewaan kami ke hotel.

Nggak pakai lama, setelah makan siang, kami langsung berkegiatan, naik kapal untuk snorkeling. Usai snorkeling, kapal membawa kami menepi ke Tanjung Gelam. Di situlah anak-anak main banana boat sampai sunset. Seru!

Esoknya, kami pergi ke Pulau Menjangan untuk main air lagi. Lalu makan siang di pinggir pantai, menunya ikan bakar dong! Yummy banget! Ikannya masih seger dan langsung dimasak soalnya.

Setelah makan siang, kami kembali ke hotel. Sore harinya main air di pinggir pantai. Oya, selain pantai, teman-teman bisa ke tempat-tempat lain seperti wisata mangrove, Bukit Love, dan melihat bandara kecil di pulau ini. Lihat deh serunya main-main di pulau ini melalui beberapa foto di bawah. Cus!