Monday, May 4, 2015

Kunjungan ke Noura Books

Seperti rencana semula, pertemuan terakhir ekskul menulis, saya akan mengajak anak-anak didik saya ke penerbit. Jauh-jauh hari mengabarkan pada anak-anak tentang kunjungan ini. Tujuan kunjungan ini, supaya anak-anak melihat sendiri proses buku yang akan diterbitkan, terutama prosesnya di meja redaksi. Penerbit yang kami datangi kali ini adalah Noura Books. Lokasinya di Jl. Jagakarsa, cukup dekat dari sekolah.

Rabu, 15 April 2015 pukul 07.30 kami berangkat. Anak-anak terlihat antusias. Malahan beberapa hari sebelumnya mereka sudah bertanya-tanya banyak hal tentang kunjungan kami itu. Sekitar sejam kemudian kami sudah sampai di kantor redaksi Noura Books. Sambil menunggu Mbak Icha, salah satu editor yang bertugas menemani kami, anak-anak melihat-lihat buku di toko. Rupanya mereka sudah tak tahan untuk membeli buku-buku kesukaan mereka. Jadi, saya memutuskan mengizinkan anak-anak membeli buku.

Tepat pukul 09.00, Mbak Icha dan Mbak Rahmadiyanti (yang akrab disapa Mbak Dee) menemui kami. Kami diajak masuk ke dalam ruang meeting. Kebayang dong, gimana ramainya anak-anak di ruang tersebut. Apalagi saat Mbak Dee dan Mbak Icha membuka acara sembari memperlihatkan beberapa buku terbitan Noura Books. Mata anak-anak langsung bersinar-sinar. Tahu saja ya, Mbak Dee dan Mbak Icha bikin mereka senang.

Tapi, sebelum buku-buku yang dipamerkan berpindah tangan, Mbak Dee dan Mbak Icha mengajak anak-anak bermain di halaman Noura Books. Ini dia bagian kantor redaksi yang paling saya suka. Halaman Noura Books diteduhi banyak pohon. Terdapat saung-saung dan pohon rambutan yang kalau sedang musimnya berbuah, bikin ngiler!


Ok, back to topic, anak-anak diajak bermain-main. Main-mainnya tentu saja berhubungan dengan kata-kata. Misalnya, anak-anak diminta membuat cerita yang berhubungan dengan kata yang diperoleh. Setelah itu, Mbak Icha dan Mbak Dee mempersilakan anak-anak bertanya tentang segala hal yang berhubungan dengan naskah dan penerbit. Beberapa pertanyaan yang ditanyakan oleh mereka adalah, "Bagaimana caranya mengirimkan naskah ke Noura Books? Naskah seperti apa yang diinginkan? Apakah saya boleh mengirimkan naskah misteri?"





Setelah main-main di halaman, anak-anak kembali ke dalam kantor. Mbak Dee dan Mbak Icha mengenalkan pada editor-editor yang lain. Serunya, anak-anak boleh mengintip cara kerja mereka! Mulai dari mengedit naskah, lay out, desain cover, dan lain sebagainya. Pokoknya, sehari itu, anak-anak boleh mengganggu para editor ini, deh.

Di akhir acara, anak-anak mendapatkan oleh-oleh buku dari Noura Books. Wow, senangnya bukan main! Apalagi, buku-buku yang diberikan masih terbilang baru, lho. Jualan Mbak Dee hari itu laris manis tanjung kimpul!






Terima kasih, Noura Books. Semoga kunjungan ini berkesan buat anak-anak ya. Harapannya, anak-anak terpacu untuk menulis dan mengirimkannya. [Fita Chakra]

6 comments :

  1. asyik bener kunjungannya, aku di ajak dong Mak Fita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga donk, kali aja bisa menambah suasa semakin seru,,hehe!!

      Delete
  2. De Fita... kapan ajak aku ke NouraBooks juga? Hehehe
    BTW mau juga dong jadi murid kelas menulisnya De Fita

    ReplyDelete
  3. pengen ikutaaan....pengen ketemu mba dee dan ubek2 bukunya Noura hihihi

    ReplyDelete